Survei PRC Tegaskan Publik Yakin Prabowo Sebagai Suksesor Jokowi, Ini Hasilnya...

Survei PRC Tegaskan Publik Yakin Prabowo Sebagai Suksesor Jokowi, Ini Hasilnya...

Tiga Capres yang digadang-gadang akan berlaga di Pilpres 2024 mendatang, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAKARTA, PALPOS.IDSurvei PRC tegaskan publik yakin Prabowo sebagai suksesor Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia.

Sebab, elektabilitas calon presiden Prabowo Subianto terus meningkat. Bahkan, hasil survei dari Politika Research and Consulting atau PRC itu menyatakan 35.60 persen responden akan memilih Ketua Umum Partai Gerindra tersebut sebagai presiden.

Hasil survei itu juga naik dari hasil bulan Februari 2023 yang menyatakan elektabilitas Prabowo masih sebesar 28.6 persen.

Sementara dua nama balon Presiden lagi yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan cenderung stagnan diangka 29 persen dan 24 persen.

BACA JUGA:DPC Partai Gerindra Prabumulih Ajak Kader Rapatkan Barisan Dukung Prabowo RI 1

BACA JUGA:Bentuk Bapilu, Gerindra Sumsel Siap Jadikan Prabowo Presiden

PRC melakukan survei dengan metode multi-stage random sampling. Dimana, jumlah responden tiap provinsi diambil secara proporsional sesuai data jumlah penduduk hasil sensus BPS terakhir atau tahun 2020 yang lalu.

PRC mengambil 1.220 responden tersebar di 38 provinsi di seluruh Indonesia dengan respon rate 99 persen. Responden berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Adapun margin of error dari survei PRC ini sebesar 2.73 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Makanya, jika ditarik dalam rentang waktu panjang, mulai Februari 2020 hingga April 2023, hasil survei PRC juga menempatkan Prabowo sebagai capres dengan tingkat keterpilihan paling tinggi.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Mendadak ke Palembang, Ada Apa Ya?

BACA JUGA:Emud Deklarasi Dukung Prabowo Calon Presiden 2024

Dimana, pada Februari 2020 elektabilitas Prabowo hanya sekitar 13.8 persen. Kemudian pada bulan Agustus 2020 sekitar 15.7 persen. Dan Desember 2020 pada tingkat 19.7 persen.

Akan tetapi, pada November 2021 elektabilitas Prabowo sebesar 21.6 persen. Pada bulan Februari 2023 elektabilitas Prabowo sempat turun sedikit ke 21.3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: