Cegah HP Ilegal Beredar di Lapas, Ini Cara yang Dilakukan Lapas Banyuasin

Cegah HP Ilegal Beredar di Lapas, Ini Cara yang Dilakukan Lapas Banyuasin

Penerapan Aplikasi PHP di Lapas Banyuasin.Foto:Sony/Palpos.Id--

BANYUASIN, PALPOS.ID- Melalui aplikasi bernama Pengontrolan Handphone Pegawai (PHP), dalam upaya peningkatan keamanan dan pencegahan peredaran Handphone, secara ilegal di dalam lingkungan Lapas, Handphone pegawai Lapas Kelas IIA BANYUASIN diberikan stiker QR code, Kamis 18 Mei 2023.

Pemberian stiker barcode setiap handphone pegawai lapas yang berisikan data kepemilikan Handphone tersebut, Nantinya hanya handphone yang telah memiliki barcode tersebut yang bisa digunakan setiap pegawai lapas didalam lingkungan Lapas Kelas IIA BANYUASIN.

Kepala Lapas Kelas IIA BANYUASIN Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, Melalui aplikasi bernama Pengontrolan Handphone pegawai (PHP) itu, Lapas Kelas IIA BANYUASIN telah menjalankan program ini di lingkungan Lapas sebagai langkah deteksi dini pencegahan pencegahan peredaran handphone secara ilegal ke dalam blok hunian.

BACA JUGA: Hadiri Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-77 Provinsi Sumsel, Ini Harapan Wabub Banyuasin

Jadi dalam proses kerjanya nantinya setiap Handphone pegawai yang masuk, akan di scan dan secara otomatis akan masuk ke halaman yang berisi data HP dari pegawai pemiliknya, setalah diketahui milik pegawai yang bersangkutan, barulah pegawai tersebut dapat membawa handphonenya masuk ke dalam lingkungan Lapas, sambungnya.

"Data yang tertera dalam Barcode tersebut di antaranya Nama pemilik HP, NIP, Tipe HP, Foto HP dan pernyataan bahwa HP tersebut benar-benar milik pegawai yang bersangkutan, dengan dibubuhi tanda tanganinya sebagai Kepala Lapas," ungkapnya.

Dengan dijalankannya inovasi keamanan ini, setiap pegawai yang tidak memiliki stiker QR Code tidak diperbolehkan masuk  ke dalam lingkungan Lapas,  dan handphonenya nanti dititipkan ke loker khusus pegawai yang berada di P2U, ucapnya.

BACA JUGA:Difitnah Lakukan Perbuatan Asusila, Warga Palembang Lakukan Sumpah Pocong, Ini Kata MUI

BACA JUGA:LG G4, HP Android Standar Kekinian dengan tampilan Keren Namun Harga 'Miring'

Penerapan sistem PHP selain untuk pencegahan peredaran HP ilegal didalam lapas, juga untuk menggaungkan semangat berantas HP, Pungli Narkoba (HALINAR) di dalam  Lapas, sehingga dapat mencegah  pegawai menyelundupkan HP ke dalam Lapas, tutup Kepala Lapas. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: