9 Manfaat Daun Mint yang Jarang Diketahui, Apa Saja ?

9 Manfaat Daun Mint yang Jarang Diketahui, Apa Saja ?

Daun mint memiliki 9 khasiat yang jarang diketahui--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Daun mint termasuk dalam kelompok tanaman herbal. Daun mint dengan nama lain  Mentha, merupakan tanaman yang berasal dari Eropa.

Tumbuhan dengan sensasi mentol atau dingin ini kemudian menyebar ke Jepang, Brazil, Amerika Selatan, Cina, India hingga ke Indonesia.

Di Indonesia, tanaman herbal ini juga dijadikan sebagai tanaman hias. Karena selain mudah ditanam daunnya yang kecil serta aromanya yang segar membuat tanaman ini cukup digandrungi. 

BACA JUGA:Jarang yang Tahu! Gedebog Pisang Enak DIbuat Jus, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Tidak saja bagi pencinta tanaman hias. Tetapi juga bagi penggemar tanaman apotik hidup. Terlebih daun mint bisa di tanam di dalam pot maupun polibag.

Berdasarkan sejumlah referensi yang dikumpulkan palpos.id  daun mint ternyata kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Beberapa nutrisi yang terdapat dalam daun mint diantaranya, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, natrium, folat, serat, kalium,  kalsium. Selain itu daun mint juga mengandung vitamin A, vitamin B3, vitamin C, D dan E.

BACA JUGA:Bukan Cuma Obat Batuk, Jahe Merah Juga Bisa Cegah Kepikunan

Kandungan nutrisi dalam daun mint inilah yang membuat tanaman herbal ini kemudian banyak dicari dan kemudian dibudidayakan sekaligus dijadikan tanaman hias. 

Beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan diantaranya ;

1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, serta A dalam  daun mint dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Sehingga, mampu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes, sakit jantung, atau hipertensi.

Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa mengkonsumsi daun mint  secara langsung atau dicampur dengan air teh, atau mencampurkan daun mint pada makanan seperti puding, ataupun dijadikan sayuran. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: