Ikuti Event Internasional Forum, Dosen UMP Sumbangkan Ide di Bidang Komunikasi Politik

Ikuti Event Internasional Forum, Dosen UMP Sumbangkan Ide di Bidang Komunikasi Politik

Dosen Fakultas Agama Islam UMP, Muhammad Afdoli Ramadoni MSos saat mengikuti Konferensi IIF ke-16.--

Penulis : Muhamad Afdoli Ramadoni, M.Sos Dosen Fakultas Agama Islam UM Palembang

 

PEKANBARU, PALPOS.ID - Muhammad Afdoli Ramadoni, M.Sos, Dosen Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengikuti event Internasional Indonesia Forum (IIF) ke-16.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau dari tanggal 11-12 Juli 2023 ini, Afdoli turut menyumbangkan idenya di Bidang Komunikasi Politik.

Adapun ide yang disumbangkannya dengan judul riset "Political Dynasty in Government (2017-2026) Options of Reginonal Elections in Province South Sumatera".

BACA JUGA:4 Fakta Pemekaran Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, Kepadatan Penduduk Hingga Kesejahteraan Rakyat

"Penelitian ini dianalisis menggunakan teori modal yang dikembangkan oleh Pierre Bourdieu. Dalam teorinya Pierre menjelaskan, suatu proses dominasi sosial berkaitan erat dengan situasi sumber daya capital (modal)," ungkapnya, Sabtu, 15 Juli 2023.

Ia menambahkan, menurut Bourdieu, modal secara prinsip terdiri dari beberapa kategori diantaranya, modal sosial, modal ekonomi, modal kultural, dan modal simbolik.

"Dengan melakukan analisis terhadap keempat kategori modal yang dimiliki kepala daerah yang berlatar belakang dinasti. Peneliti dapat menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi adanya dinasti politik pada Pilkada di Provinsi Sumsel," ujarnya.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, 11 Kecamatan Gabung Daerah Otonomi Baru Kota Banyuwangi

Oleh karena itu lanjutnya, Konferensi IIF ke-16 di tahun 2023 mengundang para sarjana dari seluruh komunitas ilmiah dan mengambil tema "The Power of Words: Communication and Message in Indonesia".

"Temanya mencakup topik-topik tradisi lisan, dakwah Islam, komunikasi politik, periklanan, dan media sosial. Para sarjana mempresentasikan penelitian yang menekankan komunikasi dan pesan disampaikan dalam berbagai disiplin ilmu,"tuturnya.

Masih kata Afdoli, hal itu terkait dengan berbagai isu dan konteks sosial yang beragam serta budaya masyarakat di Indonesia.

BACA JUGA:Wacana Bentuk Daerah Otonomi Baru Kota Sidoarjo Pemekaran Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur

"IIF adalah organisasi yang mengadakan seminar interdisipliner tahunan di Indonesia untuk memfasilitasi kegiatan interaktif serta partisipasi peneliti baik di dalam maupun luar negeri dalam bidang riset,"imbuhnya.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh presenter dari dalam dan luar negeri diantaranya: National Chung Cheng University Taiwan, VU Amterdam Neterlands, National Sun Yat-Sen University Taiwan, University of Western Australia.

Kemudian, International Indonesia Forum USA, University Chengchi University Taiwan, National Yang Ming Chiao Tung University Taiwan, EWC Hawwai, Universitas Gajah Mada, UIN Suska Riau, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Atmajaya Yogyakarta.

BACA JUGA:IKN Nusantara Bakal Dilengkapi Jalan Tol Bawah Laut di Provinsi Kalimantan Timur, Ini Biaya Diperlukan

Selanjutnya, Universitas Kristen Satya Wacana, LSPR Intstitue of Communcation and Business, IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Andalas Padang dan UIN Raden Fatah Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: