Sawi Pahit Ternyata Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Loh

Sawi Pahit Ternyata Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Loh

Sawi pahit ternyata kaya manfaat-Foto : Yati/Palpos-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID -  Sawi pahit atau dikenal juga dengan sawi hijau. Sayuran satu ini hanya disukai oleh orang-orang tertentu saja.  Kebanyakan orang justru tidak menyukai sawi hijau ini karena rasanya yang pahit.

Dibalik rasanya yang pahit ternyata sawi pahit tinggi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Sawi pahit juga mengandung vitamin C, zat besi dan sejumlah nutrisi lainnya.

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam sawi pahit inilah yang kemudian membuat orang melupakan rasa pahitnya dan melihat banyaknya manfaat yang diberikan oleh sawi pahit untuk kesehatan.

BACA JUGA:Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan sejumlah referensi seperti yang dilansir oleh flat form media online, sawi pahit memiliki manfaat :

1. Mendetoksidikasi Hati dan Darah

Sawi pahit mengandung klorofil yang tinggi sehingga  bermanfaat untuk membersihkan organ hati.

BACA JUGA:10 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Kulit

Sawi pahit juga  berfungsi untuk membersihkan darah dari logam berat, bahan kimia dan juga pestisida yang ada di dalam tubuh.

Nah setelah mengetahui salah satu manfaat dari sawi pahit, apakah kamu masih enggan mengkonsumsi sawi pahit.

Rugi dong, jadi mulai sekarang jangan lagi menolak mengonsumsi sawi pahit ya.

BACA JUGA:Terkenal Bikin Ngantuk, Ini Manfaat Lain Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia...

2. Mencegah stres oksidatif

Sawi pahit menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dalam bentuk vitamin A dan vitamin D.

Antioksidan ini merupakan zat yang sangat penting untuk mencegah beberapa jenis kerusakan sel dan juga mutasi DNA, khususnya yang disebabkan oleh stres oksidatif.

BACA JUGA:WOW, Ternyata Kunyit Putih Bisa Jadi Penyembuh Tumor Payudara! Ini Penjelasannya...

Stres oksidatif yakni keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Meski organ hati akan menggunakan kolesterol untuk menghasilkan asam empedu, tetapi jika kadar kolesterol tinggi tetap bisa berbahaya untuk tubuh. Sebab kolesterol akan sulit diubah menjadi asam empedu.

Nah Sawi pahit ini memiliki kemampuan khusus dalam meningkatkan pengikatan empedu, khususnya saat dimasak sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan juga segala jenis kanker.

BACA JUGA:Manfaat Nikotin Bagi Kesehatan

4. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Sawi pahit kaya akan fitonutrien. Kandungan inilah yang  bermanfaat  untuk mencegah dan memastikan tubuh selalu berfungsi dengan baik.

Mengkonsumsi sawi pahit yang tinggi akan fitonutrien ini nantinya akan menurunkan berbagai risiko penyakit berbahaya seperti obesitas, memperlambat penuaan otak dan juga mencegah diabetes.

BACA JUGA:Ini Dia 15 Penyakit Yang Bisa Diobati Dengan Ganja

5. Mencegah sembelit

Sawi pahit termasuk sayuran yang mengandung serat tinggi. Nah tingginya serat dalam sawi pahit dapat mengurangi penyerapan kolesterol tersebut di dalam usus, sekaligus juga melindungi tubuh kamu dari sembelit, wasir dan penyakit usus besar seperti kanker usus besar.

Selain itu, banyak mengkonsumsi sawi pahit nantinya juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit gastrointestinal lainnya.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Toge Untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Menyehatkan Sperma

6. Mencegah osteoporosi

Sawi pahit ternyata juga mengandung vitamin K yang sangat tinggi.

Dengan mengkonsumsi sawi pahit secara teratur, maka kamu sudah terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis, melindungi sel yang melapisi pembuluh darah vena dan arteri.

BACA JUGA:Terkenal Bikin Ngantuk, Ini Manfaat Lain Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia...

7. Melindungi kulit dan mata

Sawi pahit juga tinggi akan kandungan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, fungsi neurologis dan juga solusi kecantikan kulit.

Nah itulah sekelumit manfaat sawi pahit yang berhasil dirangkum palpos.id. semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: