Fakta Unik Desa Sawah di Empat Lawang Berpotensi Mendunia, dan Legenda Kisah Cinta Puyang Putri

Fakta Unik Desa Sawah di Empat Lawang Berpotensi Mendunia, dan Legenda Kisah Cinta Puyang Putri

Provinsi Sumsel Barat Dibentuk: Langkah Baru dalam Penataan Daerah Indonesia Termasuk Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Keadaan ini menjadikan suasana Desa Sawah selalu sejuk dan nyaman, terutama pada malam dan pagi hari.

BACA JUGA:6 Fakta Unik Kabupaten OKU Timur, Salah Satu Daerah Paling Miskin di Sumsel

Selain itu, desa ini memiliki panorama persawahan yang luas dan dilintasi oleh dua sungai deras, yaitu Sungai Ayek Deghian dan Sungai Ayek Lintang, yang bermuara ke Sungai Musi.

Namun, yang lebih menarik adalah cerita rakyat dan legenda cinta antara Puyang Serunting Sakti dan Puyang Putri Mayangsari.

Peninggalan dari legenda ini termasuk Tumit Puyang Putri dan Batu Tapak Puyang Putri, serta Telaga dengan mata air alami yang sangat jernih.

3 tempat ini adalah warisan budaya dari napak tilas dan kisah cinta tokoh legenda masyarakat Sumatera Selatan, yakni Puyang Serunting Sakti dan Putri Mayangsari.

Pemandian ini dikenal sebagai Pemandian Puyang Putri, yang dipercaya masyarakat dapat membuat mereka awet muda setelah mandi di sana.

Puyang adalah tokoh legenda yang memiliki pengaruh besar dan menjadi leluhur masyarakat setempat.

Puyang melambangkan tali persaudaraan yang luas di kalangan masyarakat. Keindahan Air Terjun juga menjadi daya tarik lain dari desa ini.

Ada lebih dari 15 air terjun eksotis di Desa Sawah, menjadikannya surga bagi para pencinta jelajah Air Terjun di Kabupaten Empat Lawang.

Selain itu, Kopi Robusta adalah komoditas unggulan masyarakat Desa Sawah, yang dianggap sebagai minuman khas dari Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Tradisi minum kopi adalah ritual wajib yang dapat ditemukan saat mengunjungi Kabupaten Empat Lawang, khususnya di Desa Sawah.

Desa Sawah menghadirkan ragam potensi wisata yang beragam, mulai dari olahraga, alam, budaya, jelajah, kuliner, hingga kearifan lokal.

Keindahan alam dan warisan budaya yang dimilikinya menjadikan Desa Sawah sebagai salah satu desa terindah di Kabupaten Empat Lawang. ***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: