Program Operasi Mata Gratis Inisiasi Herman Deru, Tahun 2023 Tidak Hanya Melayani Operasi Katarak Saja

Program Operasi Mata Gratis Inisiasi Herman Deru, Tahun 2023 Tidak Hanya Melayani Operasi Katarak Saja

Program Operasi Mata Gratis Inisiasi Herman Deru, Tahun 2023 Tidak Hanya Melayani Operasi Katarak Saja--

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) belalui Rumah Sakit Khusus  Mata  bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel kembali mengelar program operasi mata gratis bagi masyarakat dari kalangan tidak mampu.

Dimana untuk tahun 2023 ini ditandai dengan Ceremony Pelaksanaan CSR Pengobatan mata  gratis bersama Bank Sumsel Babel  dengan RS Khusus Mata Provinsi Sumsel yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru,  Kamis (10/8).

Dalam sambutannya Gubernur Herman Deru  mengharapkan agar  program pengobatan mata gratis CSR Bank Sumsel Babel yang rutin digelar ini disosialisasikan secara masif pada masyarakat  sehingga bagi yang membutuhkan dapat  mendaftarkan diri dan segera ditangani oleh pihak RS Khusus Mata.

BACA JUGA:Herman Deru : Pertajam Tugas Pokok dan Fungsi Kepalangmerahan

"Saya ucapkan terimakasih kepada Bank Sumsel dan RS Khusus Mata atas kekonsistennya menjalankan progam mulia ini. Agar diketahui oleh masyarakat secara luas berikan  informasi secara masif sehingga diketahui secara luas  bagi mereka yang membutuhkan pengobatan mata,” tambah Herman Deru.

Dikatakan Herman Deru, panca indra manusia khususnya mata sangat penting karena itu harus dijaga dengan sebaik mungkin, sehingga dapat berfungsi secara normal  tanpa diganggu oleh faktor  penglihatan dalam beraktivitas sehari-hari.

"Mata adalah salah satu panca indra yang sangat penting. Karenanya program CSR Bank Sumsel Babel ini sangat bermanfaat dalam  membantu pengobatan  keluhan penglihatan bagi yang membutuhkan,”  imbuhnya.

BACA JUGA:Buka Kejuaran Berkuda Gubernur Cup 2023, HD : Kita Bangkitkan Gairah Para Atlet Untuk Berani Berkompetisi

Dia juga berpesan agar para tenaga kesehatan yang  bertugas  di RS Khusus Mata Provinsi Sumsel  dapat memberikan layanan secara maksimal kepada pasien agar  sang pasien segera pulih dari penyakit  penglihatan yang mereka derita selama ini.

Selain itu lanjut dia, yang lebih penting bagaimana mengedukasi masyarakat agar  dapat menjaga kesehatan mata  sehingga dapat berfungsi secara normal.

"Saya  meminta petugas medis memberikan pelayanan  terbaiknya untuk para pasien dan keluarganya. Agar mental mereka kuat  yang tentu akan mempercepat proses penyembuhan," imbuhnya.

BACA JUGA:HD Ajak Peserta Perkemahan Temu Karya Pramuka Madrasah, Masifkan Sosialisasi GSMP ke Seluruh Penjuru Sumsel

Mengakhiri sambutannya Herman Deru mengajak masyarakat Sumsel memanfaatkan momen yang baik ini dengan mendatangi pusat layanan  yang dibuka oleh RS Khusus Mata Provinsi Sumsel.

“Kepada masyarakat yang membutuhkannya, manfaatkan kesempatan baik ini. Dan kepada semua pihak yang telah membantu mudah-mudahan ini catat sebagai ibadah karena ini adalah  perbuatan yang sangat mulia," tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama RS Khusus Mata Provinsi Sumsel, dr. Lady Kapotener dalam melaporkan kegiatan operasi mata tahun  2023 yang digelar oleh RS Khusus Mata bekerjasama dengan CSR Bank Sumsel Babel  telah melakukan pengobatan melalui tindakan operasi mata bagi 20 orang pasien.

BACA JUGA:BPS Catat Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,24 Persen (y-on-y) Pada Triwulan II 2023

Pasien berasal dari kabupaten/kota yang  tersebar di Sumsel meliputi berasal dari Kabupaten Banyuasin sebanyak  9 orang pasien,  dari Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak  5 orang pasien mata katarak,  dari Kabupaten OKU Timur ada  2 orang pasien, dKota Palembang 4 orang pasien,  sedangkan  pasien dari  Kabupaten  OKI  dan Ogan  Ilir masing-masing 1 orang pasien.

"Kita tidak hannya memberikan pengobatan bagi pasien penderita  katarak saja. Namun   penderita sakit mata lainnya  juga kita  layani,” tegasnya.
 
Selain memberikan layanan  pengobatan mata secara gratis, lanjut dia, RS Khusus Mata Prov Sumsel juga  melakukan gerakan pembagian  2 ribu  kaca mata secara gratis.

BACA JUGA:Suport Prestasi Atlet Tenis Sumsel, Herman Deru Buka Kejurnas Piala IMTC-Gubernur 2023

"Sesuai dengan arahan Pak Gubernur kita dari RS Mata  juga membagikan dua  ribu kaca mata secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Dilain pihak Direktur  Utama  (Dirut) Bank Sumsel Babel,  Achmad Syamsudin mengungkapkan pada Tahun 2023 ini  Bank yang dipimpinnya tersebut  mengalokasikan CSR Rp 500 juta  serta  satu unit kendaraan operasional  untuk RS Mata Provinsi Sumsel.*


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: