Meteran PDAM Tak Berfungsi, Warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kesulitan Air Bersih

Meteran PDAM Tak Berfungsi, Warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kesulitan Air Bersih

Warga Desa Pelakubah Dalam Ogan Ilir Kesulitan Air Bersih Akibat Dampak El Nino.--

OGANILIR,PALPOS.ID - Warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir, menghadapi kesulitan serius dalam memperoleh pasokan air bersih akibat dampak dari fenomena alam El Nino.

Warga desa ini terpaksa menggunakan air sungai yang telah tercemar dan kotor bak comberan yang berpotensi menjadi penyebab masalah kesehatan seperti gatal-gatal dan penyakit kulit lainy

Warga desa tersebut menggunakan air sungai yang kotor dan tercemar untuk berbagai keperluan, seperti mandi, mencuci kakus, dan mencuci pakaian dan lain-lain.

BACA JUGA:Miris! Warga Pemulutan Ogan Ilir Kesulitan Air Bersih, Mandi dan Gosok Gigi Terpaksa Gunakan Air Comberan

Mereka menghadapi risiko tinggi terhadap penyakit kulit dan infeksi akibat air yang tidak higienis. Sementara untuk keperluan konsumsi warga terpaksa membeli air galon.

Jalilah, salah seorang warga desa tersebut, mengungkapkan bahwa dirinya dan warga lainya sebetulnya sudah memasang meteran air PDAM sejak kurang lebih setahun lalu namun sampai kini tak kunjung dialiri air. 

"Hampir setahun berlalu air belum mengalir melalui meteran PDAM yang dipasang tersebut. Ada yang dialiri cuma hanya beberapa rumah," terangnya. Jumat, 25 Agustus 2023.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Ini 10 Fakta Menarik Kabupaten OKI Calon Daerah Provinsi OKE

Warga yang sama, Sri Sulastri, juga menghadapi situasi serupa. Meskipun telah memasang meteran air PDAM dengan harapan mendapatkan pasokan air selama tiga bulan, kenyataannya air belum mengalir hampir satu tahun lamanya.

"Padahal kami sudah bayar Rp 250 ribu. Waktu itu bilangnya tiga bulan lagi akan di pasang PDAM. Setelah tiga bulan dipasang tapi sampai saat ini airnya belum mengalir," katanya

Kondisi ini semakin memprihatinkan ketika musim kemarau tiba dan pasokan air semakin langka. Kekeringan mengancam para warga.

BACA JUGA:Hati-Hati ISPA dan Diare Mengancam, Kadinkes Bagikan Tips Untuk Mengantisipasi

Belangan diketahui bahwa pemasangan meteran PDAM sebenarnya merupakan bagian dari program Pemkab Ogan Ilir yang diberikan secara gratis kepada warga desa terasebut 

"Warga berharap agar pihak PDAM segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah pasokan air ini, karena pasokan air bersih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga," terangnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: