Sampah Menumpuk dan Berserakan di Tengah Jalan, Warga Gunung Ibul Resah

Sampah Menumpuk dan Berserakan di Tengah Jalan, Warga Gunung Ibul Resah

Sampah menumpuk danberserakan di tengah jalan, warga Gunung Ibul resah.-Foto: Prabu-Palpos.Id

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Warga RT 08 Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, diresahkan dengan ulah sejumlah oknum masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan di Jalan Hibah Kelurahan Gunung Ibul.

Pasalnya, karena ulah oknum-oknum yang tak bertanggungjawab tersebut saat ini ruas Jalan Hibah dipenuhi sampah yang berserakan dan menumpuk ditengah-tengah jalan tersebut.

Akibatnya, selain tidak enak dipandang mata sampah-sampah yang berserakan dan menumpuk di tengah jalan itu menimbulkan bau busuk yang menyengat

BACA JUGA:Langkah Preventif, Ratusan Napi Rutan Prabumulih Dites Urine Mendadak.

Informasi dihimpun menyebutkan, sampah yang berserakan di tengah jalan tersebut diduga dilakukan oleh pemilik lahan yang berada di kiri kanan jalan itu. Diduga pemilik lahan kesal, karena banyak oknum masyarakat yang membuang sampah di lahan miliknya.

Seorang warga setempat bernama Danu menuturkan, dirinya bersama warga lainnya sudah sering membersihkan sampah yang dibuang oknum yang tidak bertanggungjawab ke jalan itu. Akan tetapi, pasca dibersihkan masih saja banyak warga yang membandel membuang sampah di jalan itu.

"Tapi kita bersihkan siang, sore sudah banyak lagi yang buang sampah sembarangan, kebanyakan yang buang warga perumahan ini," ungkap Danu ketika dibincangi.

BACA JUGA:Per Juli 2023, PAD Kota Prabumulih Over Target Capai Rp22.8 Miliar

Dikatakan Danu, biasanya oknum tersebut membuang sampah saat hendak pergi kerja pada pagi atau sore hari. "Kalau pagi itu banyak pegawai maupun karyawan perusahaan, sambil berangkat ngantor sembari membuang bungkusan sampah ke sisi kiri kanan Jalan Hibah ini," tuturnya.

Masih kata Dani, RT, RW dan warga sekitar sudah sering melakukan pembersihan dan membakar sampah dibuang sembarangan tersebut namun lagi-lagi tidak ada efek jera.

"Bahkan ada plang larangan buang sampah malah hilang diduga dibuang oknum warga yang sering buang sampah di sini, kita kesal dan capek terus melakukan pembersihan," katanya seraya mengatakan jika hujan sampah akan hanyut dan masuk pekarangan rumah.

BACA JUGA:Tol Indralaya-Prabumulih Siap Beroperasi, Menawarkan Perjalanan Cepat dan Pemandangan Eksotis

Sementara itu, Ketua RW 08 Kelurahan Gunung Ibul, Kusmantoni mengaku begitu mengetahui hal itu dirinya bersama warga langsung melakukan pembersihan sampah tersebut di sore harinya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan ke sisi kiri kanan jalan hibah namun buanglah ke tempat penampungan sampah yang disediakan seperti di Taman gunung Ibul disana ada bak sampah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: