Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone Miliki Pelabuhan Internasional Bajoe

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone Miliki Pelabuhan Internasional Bajoe

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone Miliki Pelabuhan Internasional Yakni Pelabuhan Bajoe.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BONE, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone miliki Pelabuhan Internasional yakni Pelabuhan Bajoe.

Dimana, Pelabuhan Bajoe merupakan pelabuhan penyeberangan penumpang dari Provinsi Sulawesi Selatan dengan Provinsi Sulawesi Tenggara, atau sebaliknya.

Bahkan, volume angkutan Pelabuhan Bajoe ini adalah yang terbesar dari semua Pelabuhan Laut dibawah wilayah KKP Kelas I Makassar Provinsi Sulsel.

Apalagi sejak eksplorasi tambang Kabupaten Bone dimulai tahun 2010 lalu, maka Pelabuhan Bajoe juga melayani kapal luar negeri untuk kepentingan ekspor dan impor tambang.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Miliki Potensi Utama Mulai Perikanan Dan Kelautan Hingga Pariwisata

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Dikepung Laut dan Miliki Ratusan Pulau

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, ini sejarah Kabupaten Bone calon ibukota Provinsi Bugis Timur dijuluki Bumi Arung Palakka.

Awalnya, Pangeran Arung Palakka yang akhirnya jadi Raja Bone ke-15 lakukan perjalanan ke Kerajaan Buton dan mengucap sumpah bebaskan rakyat Bone dan Bugis dari tindasan daerah lain.

Bahkan, Pangeran Arung Palakka melakukan perjalanan ke Batavia dan Pariaman Provinsi Sumatera Barat karena dikejar pasukan kerajaan Gowa pada abad ke-17 yang lalu.

Akhirnya, Arung Palakka berhasil memimpin kerajaan meraih kemerdekaan dari Kesultanan Gowa tahun 1666. Bahkan, kerjasama dengan Belanda mengalahkan Sultan Hasanuddin untuk merebut Makassar.

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Usul Bentuk 2 Provinsi Baru

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, 8 Potensi Kelautan Kabupaten Bone Ibukota Provinsi Bugis Timur

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, ini batas wilayah Kabupaten Bone calon ibukota Provinsi Bugis Timur.

Dimana, di sebelah utara Kabupaten Bone berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Kabupaten Soppeng. Kemudian disebelah utara Kabupaten Bone berbatasan dengan Teluk Bone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: