Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Intip Potensi SDA Kabupaten Sambas Daerah Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Intip Potensi SDA Kabupaten Sambas Daerah Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Langkah Menuju Otonomi Baru Provinsi Sambas Raya dan Kapuas Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SAMBAS, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, intip potensi SDA Kabupaten Sambas daerah calon Provinsi Sambas Raya.

Dimana, potensi sumber daya alam atau SDA Kabupaten Sambas Provinsi Kalbar cukup beragam dan meliputi berbagai sektor, mulai sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan.

Apalagi wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Malaysia, sehingga potensi pariwisata juga sangat menjanjikan di Kabupaten Sambas tersebut.

Dan inilah 8 potensi SDA signifikan di Kabupaten Sambas yang bakal memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Barat tersebut, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Batas Wilayah Kabupaten Sambas Daerah Calon Provinsi Sambas Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 8 Keunikan Kabupaten Sambas Daerah Calon Provinsi Sambas Raya

1.Kehutanan 

Kabupaten Sambas memiliki hutan tropis yang luas, yang mengandung berbagai jenis kayu dan flora endemik. Potensi ini dapat digunakan untuk industri kayu dan produk kayu olahan.

2.Pertanian 

Tanah yang subur mendukung pertanian dan perkebunan. Pertanian di wilayah ini mencakup berbagai jenis tanaman seperti padi, kelapa, karet, dan hasil pertanian lainnya.

3.Perikanan 

Kabupaten Sambas memiliki potensi perikanan yang signifikan karena berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Ini mencakup perikanan laut seperti ikan, udang, dan hasil laut lainnya.

4.Pertambangan 

Potensi pertambangan melibatkan bahan tambang seperti batubara, bijih besi, dan mineral lainnya. Namun, pengembangan pertambangan harus diatur dengan ketat untuk melindungi lingkungan dan keberlanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: