Isi Ceramah Maulid Nabi di Uniski, Ustadz Koko Liem Sampaikan Metode Hapal Al-Qur'an 5 M

Isi Ceramah Maulid Nabi di Uniski, Ustadz Koko Liem Sampaikan Metode Hapal Al-Qur'an 5 M

Isi Ceramah Maulid Nabi di Uniski, Ustadz Koko Liem Sampaikan Metode Hapal Al-Quran 5 M-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Ustadz Koko Liem SQ MA menjadi pengisi ceramah dalam kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M di Universitas Islam Ogan Komering Ilir (Uniski), Kamis (12/10/2023).

Dalam ceramahnya, Ustadz Koko Liem menerangkan metode menghapal Al-Qur'an dengan menggunakan 5M yakni Membaca, Memahami, Menghapal, Mengamalkan, dan Mengajarkan.

"M pertama membaca atau Iqro'. Makhorijul huruf serta tajwidnya harus benar dan jangan menghapal dahulu. Kalau belum benar dan dia sudah hapal, nanti sulit untuk dibenarkan," ungkapnya.

BACA JUGA:Kado HUT ke-78, OKI Diguyur DBH Kelapa Sawit dan Insentif Fiskal Penurunan Stunting

Ia menambahkan, M kedua ialah memahami. Dimana menurutnya, Islam mengajarkan ilmu itu di dalam dada bukan di lisan dan tulisan.

"M ketiga barulah menghapal. Apa yang dihapal dia paham. M yang keempat mengamalkannya. Cara mengamalkan Al-Qur'an yang paling gampang yakni apa yang sudah dihapal harus dibawa dan dipraktekkan dalam sholat," ujarnya.

Dikatakannya lagi, M yang terakhir ialah mengajarkannya. "Sebaik-baiknya kalian ialah siapa yang mau belajar lalu dia mengajarkannya," ucap Ustadz Koko Liem.

BACA JUGA:PJ Gubernur Sumsel Ajak Masyarakat OKI Sholat Istisqo Serentak pada Jum'at Besok

Sementara, Rektor Uniski, Prof Dr Ir H Muhammad Faisal Dea mengemukakan, metode menghapal Al-Qur'an 5 M yang disampaikan Ustadz Koko Liem termasuk cepat dan patut untuk ditiru.

"Apalagi jika kita ingin berinteraksi dan menghapal Al-Qur'an. Karena Al-Qur'an merupakan suatu mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW," tuturnya.

Masih katanya, Uniski mengundang Ustadz Koko Liem dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, lantaran Ustadz Koko Liem kebetulan ada kegiatan Safari Dakwah.

BACA JUGA:Perkuat dan Percepat Penanganan Karhutla di OKI, Kodam II/Sriwijaya Tambah 350 Pasukan

"Makanya kita ambil kesempatan mumpung beliau ada disini. Kita undang sebagai penceramah atau Tausiah. Harapannya, sebagai syiar Islam untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kembali," imbuhnya.

Kemudian, memperkuat supaya bagaimana Uniski bisa lebih mendalami sifat-sifat Rosullallah SAW sebagai salah satu pondasi Islam. Dimana sebagai muslim sudah ada contohnya.

"Jadi Allah menurunkan Al-Qur'an, lalu menurunkan rosul. Sebagai contoh langsung, kita memahami apa-apa yang disampaikan Rosul tentang Wahyu Allah," jelasnya.

BACA JUGA:Meresahkan, Satpol PP OKI Tertibkan 5 Anak Jalanan

Terkahir diterangkannya, tidak hanya maulid nabi, namun terhadap kegiatan seperti Nuzul Qur'an dan Isra' Mi'raj biasanya mereka akan menggelar peringatan setiap tahunnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: