Potensi Kemenangan Nasdem di Kota Lubuk Linggau pada Pemilu 2024

Potensi Kemenangan Nasdem di Kota Lubuk Linggau pada Pemilu 2024

Dirut lKPI, Harianto--

POLITIK,PALPOS.ID - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menunjukkan potensi unggul di Kota Lubuk Linggau dalam pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) menempatkan Nasdem di peringkat teratas dalam elektabilitas, bersaing ketat dengan partai Gerindra dan Golkar.

Direktur Eksekutif LKPI, Arianto, St, MT, M, Ikom, Pol, menjelaskan bahwa survei tersebut mencerminkan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pemilu 2024 di Kota Lubuk Linggau.

BACA JUGA:Ganjar-Mahfud Janji Tingkatkan Kesejahteraan Aparat Penegak Hukum

Nasdem, yang mendukung pasangan Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar, berhasil mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Gerindra, Golkar, PDI-P, PKB, dan PKS.

Secara rinci, dukungan elektoral partai-partai politik di Kota Lubuk Linggau berdasarkan survei LKPI adalah sebagai berikut:

Nasdem (19,8%)

BACA JUGA: Bakal Calon Walikota Pagar Alam 2024 Muncul : H Alfrenzi Panggarbesi S.Si Dikabarkan Gandeng Rara Fadly

Gerindra (16%)

Golkar (15%)

PDI-P (11,5%)

BACA JUGA:Ganjar-Mahfud Peduli UMKM: Revolusi Dukungan untuk Pengusaha Kecil

PKB (10,1%)

PKS (6,9%)

Demokrat (4%)

BACA JUGA:Ganjar-Mahfud Peduli UMKM: Revolusi Dukungan untuk Pengusaha Kecil

Hanura (1,2%)

PBB (0,9%)

PAN (0,7%)

BACA JUGA:Netralitas ASN, Begini Tanggapan Ketua Bawaslu Lubuklinggau

Gelora (0,4%)

PPP (0,3%)

PKN (0,3%)

BACA JUGA: Golkar Sumsel Dukung Teddy Maju di Pilkada OKU 2024

PSI (0,1%)

Perindo (0,1%)

Garuda (0,0%)

BACA JUGA:Bawaslu Sumsel Perketat Pengawasan untuk Tekan Potensi Pelanggaran, Berani Melanggar Ini Sanksinya...

Buruh (0,0%)

Ummat (0,0%)

Belum menentukan pilihan (12,7%)

BACA JUGA:Kepala Daerah Tak Wajib Mundur saat Nyalon Pilkada dan Pilpres 2024, Ini Kata Pengamat Politik..

Arianto menjelaskan bahwa keunggulan Nasdem dapat diatributkan pada kerja keras dan kecerdasan semua calon legislatif DPRD Kota Lubuk Linggau yang maju dari partai tersebut.

Sosialisasi yang intensif dari para caleg, tim sukses, dan relawan, serta dukungan simpatisan partai Nasdem yang aktif turun langsung ke masyarakat, menjadi faktor penentu elektabilitas partai ini.

Faktor lain yang dianggap penting adalah seringnya anggota DPR RI dari Nasdem, Fauzi H Amro, turun langsung untuk menyerap aspirasi masyarakat, yang turut meningkatkan elektabilitas partai tersebut.

BACA JUGA:Ganjar-Mahfud Janji Tekan Angka Stunting, Pasok Gizi Ibu Hamil dan Balita

Ketua DPD Nasdem Lubuk Linggau, H Rachmat Hidayat/Yoppy Karim, juga diakui memiliki potensi besar untuk maju dalam pemilihan walikota, dengan elektabilitas yang melawan calon-calon lainnya.

Sementara itu, Arianto menyatakan bahwa potensi kemenangan Nasdem, Gerindra, dan Golkar dalam kursi DPRD Kota Lubuk Linggau cukup besar, mengingat tren elektabilitas ketiganya yang tergolong baik.

Namun, dia juga mengingatkan bahwa hingga pemilu 14 Februari 2024, perubahan elektabilitas antarpartai masih mungkin terjadi.

BACA JUGA:Gelar Rakor Bersama Parpol Peserta Pemilu 2024

Survei LKPI dilakukan pada periode 16-28 November 2023 dengan melibatkan 820 responden yang tersebar di seluruh kelurahan di Kota Lubuk Linggau.

Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kesalahan +/-3,5% dan selang kepercayaan 95%.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: