Pemekaran Sulawesi Tengah: Kabupaten Tomini Raya Bersiap untuk Mengukir Sejarah Jadi Kabupaten Baru

Pemekaran Sulawesi Tengah: Kabupaten Tomini Raya Bersiap untuk Mengukir Sejarah Jadi Kabupaten Baru

Kabupaten Tomini Raya Bersiap untuk Mengukir Sejarah Jadi Kabupaten Baru--youtube @atlantis people

SULTENG, PALPOS.ID- Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang terletak di tengah pulau Sulawesi sedang mengalami proses pemekaran yang menarik.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), provinsi ini terdiri dari 1.572 pulau, di mana 1.182 pulau sudah memiliki nama. Wilayah daratan Provinsi Sulteng mencakup 61.841,29 km2.

Proses pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah sedang berlangsung, dengan Kabupaten Tomini menjadi calon daerah otonomi baru (DOB).

Kabupaten Tomini Raya ini mencakup enam kecamatan, yaitu Mepanga, Tomini, Palasa, Tinombo, Sidoan, dan Tinombo Selatan, dengan luas wilayah mencapai 2.055,07 km2, termasuk enam pulau di Kecamatan Tomini seperti Pulau Tomini dan Tobong.

BACA JUGA:Moratorium Pemekaran Daerah: Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Berada di Garis Depan

BACA JUGA:Kemajuan Pesat Jawa Barat: Kabupaten Garut Incar Pembentukan Daerah Otonomi Baru

Seluruh kecamatan di Kabupaten Tomini Raya dilalui oleh jalan trans Sulawesi, dan Kecamatan Tinombo dianggap sebagai kandidat ibukota kabupaten.

Tinombo merupakan kecamatan terluas dengan luas wilayah mencapai 613,16 km2, yang merupakan sekitar 29,84 persen dari luas total calon DOB Kabupaten Tomini Raya.

Dari 15 desa di Kecamatan Tinombo, desa yang memiliki wilayah terluas antara lain Lombok Barat, Baina’a Barat, dan Dongkas, sementara wilayah terkecil adalah Siavu.

Delapan desa di antaranya berada di tepi pantai dan berbatasan langsung dengan Teluk Tomini.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Bandung Timur: Langkah Strategis Hadapi Tuntutan Otonomi Baru

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Garut Muncul 2 Wacana Kabupaten Baru di Jawa Barat

Kecamatan Tinombo juga dikenal memiliki beberapa gunung, seperti Gunung Punsung Tubi, Gunung Bineti, Gunung Punsung Tubo, dan Gunung Punsung Balangsaiang.

Penduduk Kecamatan Tinombo mencapai 20.244 jiwa pada tahun 2021, dengan kepadatan penduduk sekitar 71 jiwa per km2 di 15 desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: