Tau Oatmeal? Ternyata Makanan Satu Ini Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Tau Oatmeal? Ternyata Makanan Satu Ini Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Oatmeal dan Dermatitis: Solusi Alami untuk Kulit Sensitif--Foto: Ilustrasi/hello sehat

KESEHATAN, PALPOS.ID - Oatmeal tidak hanya menjadi pilihan menu sarapan yang lezat dan menyehatkan, tetapi juga membawa manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit. 

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology telah mengungkapkan bahwa oatmeal memiliki sifat humektan yang dapat membantu mengatasi gatal pada kulit, khususnya yang terkait dengan kulit kering dan iritasi.

Studi yang berjudul "Anti-inflammatory activities of colloidal oatmeal (Avena sativa) contribute to the effectiveness of oats in treatment of itch associated with dry, irritated skin" menyoroti efektivitas oatmeal dalam mengurangi kerak, kekeringan, dan intensitas gatal pada wanita dengan rasa gatal ringan hingga sedang. 

Hasil penelitian ini memberikan informasi berharga tentang potensi oatmeal sebagai bahan alami untuk perawatan kulit.Oatmeal diketahui memiliki zat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan gejala gatal, kulit kering, serta kulit kasar atau keras. 

BACA JUGA:Mengandung Resveratrol, 3 Jenis Buah ini Dapat Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

BACA JUGA:Kulit Iritasi, Gatal dan Kering? Obati Tanaman Ini...

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa oatmeal memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan kulit dan memberikan efek positif pada orang-orang yang mengalami masalah gatal-gatal.

Cara terbaik untuk memanfaatkan khasiat kesehatan kulit dari oatmeal adalah dengan mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi. 

Dengan melakukan ini, zat-zat bermanfaat dalam oatmeal dapat meresap ke dalam kulit dengan lebih baik, memberikan efek lembap yang dapat mengurangi rasa gatal dan memberikan kelembutan pada kulit.

Dalam konteks ini, oatmeal tidak hanya menjadi alternatif yang aman dan alami untuk produk perawatan kulit komersial, tetapi juga merupakan pilihan yang ramah lingkungan. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh dan Mudah Ditemukan di Rumah, Kamu Pasti Tak Menyangka

BACA JUGA:Asma Anda Sering Kambuh Saat Musim Dingin? Ini Cara Mengatasinya…

Menggunakan oatmeal sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit dapat membantu mengurangi ketergantungan pada produk-produk kimia dan plastik yang dapat berdampak buruk pada lingkungan.

Sebagai tambahan, oatmeal juga dikenal sebagai bahan yang dapat membantu mengatasi masalah kulit tertentu, seperti eksim dan dermatitis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: