Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Sumatera Selatan

 Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Sumatera Selatan

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Sumatera Selatan (MKN Sumsel) mengadakan rapat pemeriksaan terhadap enam notaris pada Selasa, 23 Januari, di Ruang Teleconference Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumsel.

Rapat ini merupakan tindak lanjut atas surat masuk dari Penyidik Kepolisian terkait permohonan izin persetujuan pemanggilan notaris dan izin permintaan fotokopi minuta akta.

Rapat ini menjadi bagian dari kewenangan Majelis Kehormatan Notaris dalam menjalankan fungsi pembinaan guna menjaga martabat dan kehormatan profesi notaris.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI

BACA JUGA: Puncak Peringatan HBI ke-74, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyukuran

Ika Ahyani Kurniati, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, menjelaskan bahwa kegiatan rapat ini merupakan wujud dari tanggung jawab MKN Sumsel untuk memberikan perlindungan kepada notaris terkait kewajiban mereka dalam merahasiakan isi akta.

Agenda utama rapat adalah mendengarkan keterangan langsung dari notaris yang bersangkutan terkait dugaan tindak pidana yang berkaitan dengan minuta akta atau surat-surat yang dilekatkan pada minuta akta atau Protokol Notaris dalam penyimpanan Notaris.

Majelis Kehormatan Notaris akan memutuskan apakah menyetujui atau menolak permintaan persetujuan pengambilan fotokopi minuta akta dan pemanggilan notaris untuk hadir dalam penyidikan setelah mendengarkan keterangan langsung dari notaris yang bersangkutan.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dorong Pelayanan Berbasis HAM di Pemkab Empat Lawang

BACA JUGA: Peringati HBI ke- 74, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

Ika Ahyani juga menjelaskan bahwa rapat tersebut juga membahas surat-surat masuk lainnya yang berkaitan maupun tidak berkaitan dengan kewenangan, tugas, dan fungsi MKN.

Rapat dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Wakil Ketua MKN Sumsel, Ahmad Wasil, S.H., Sp.N., serta perwakilan dari unsur notaris seperti Siti Hikmah Nuraeni dan Lius Eka Brahma Saputra.

Dr. Muhammad Syaifuddin juga turut hadir mewakili unsur akademisi. Tim Sekretariat MKN dari Kanwil Kemenkumham Sumsel juga turut hadir dalam rapat tersebut.

BACA JUGA: Jalin Sinergi, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Terima Audensi Kejati Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: