Sekolah Harus Ikut Awasi Siswa

Sekolah Harus Ikut Awasi Siswa

Sekolah Harus Ikut Awasi Siswa-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Aksi gengster berhasil diamankan Polres Muara Enim yang sudah meresahkan warga kota Muara Enim. Para gengster tersebut rupanya merupakan para pelajar yang ada di  Kota Muara Enim.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Drs H Rusdi Hairullah mengatakan sekolah harus mengawasi para siswanya terutama didalam waktu pembelajaran dan tentunya orang tua juga mengawasi.

"Kalau sudah malam hari tentinya orang tua harus mengawasi, jangan biarkan anak anak kita keluar malam, karena dikhawatirkan bisa terlibat dari aksi yang melanggar hukum," ujar Rusdi, Rabu, 31 Januari 2024

Karena, lanjutnya, bila melihat dari rekaman video para pemuda tersebut membawa senjata tajam di malam hari.

BACA JUGA:Beredar Video Genk Motor Bawa Sajam Resahkan Warga Muara Enim

BACA JUGA:Kejari Muara Enim-PWI Bantu Sembako untuk Korban Banjir

"Tentu saja ini meresahkan, terlepas itu tawuran atau tidak karena membawa senjata tajam secara terang terangan," ungkapnya.

Lanjutnya, apabila tidak segera dicegah tidak menutup kemungkinan akan terbentuk geng geng di sekolah yang bakal berpotensi terjadinya tauran.

"Tentu saja itu sangat merugikan dunia pendidikan terutama di Muara Enim ini," ulasnya.

Lanjutnya, sampai sejauh ini belum pernah terjadi perkara tauram antar pelajar di Kabupaten Muara Enim ini.

BACA JUGA:Dalam Satu Jam, Pasar Murah Muara Enim Ludes

BACA JUGA:Bupati Ajak Warga NU Suksekan Pemilu 2024

"Ini pertama kalinya tapi ini juga belum bisa dikatakan tauran karena baru semacam berkeliling membawa senjata tajam," ulasnya.

Ditambahkannya, bahwa para pemuda ini kemungkinan karena ingin menunjukkan eksistensi diri atau kelompok.

"Ini pengaruh media sosial juga yang mengarah ke hal negatif, mungkin mereka melihat dan menirukannya," tuturnya.

Berkaitan dengan aksi gengster remaja tersebut, Polres Muara Enim sudah berhasil mengamankan para pelaku yang masih golongan pelajar di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Jelang Pemilu Polres Muara Enim - TNI Laksanakan Razia

BACA JUGA:Diduga Mengantuk, Truk Box Terjun ke Sungai Beringin

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra SH SIK MM, menyampaikan Kelompok yang berhasil diamankan oleh petugas merupakan perkumpulan remaja, baik yang masih bersekolah maupun yang tidak.

"Mereka terlibat dalam kegiatan yang saat ini sedang viral di media sosial, yang menggambarkan gaya hidup gangster dengan berkonvoi dan mengibaskan senjata tajam," bebernya.

Kelompok ini diduga terinspirasi oleh tren yang sedang viral di media sosial, di mana gangster-gangster membuat kegaduhan di kota-kota besar dengan berkonvoi dan menunjukkan senjata tajam untuk menakuti masyarakat  

"Langkah-langkah pencegahan dan penegakan hukum yang tepat dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengajarkan pentingnya kepatuhan terhadap norma-norma sosial," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: