Perjuangan Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara: Dukungan Ikapada dan Antusiasme Tokoh Masyarakat

Perjuangan Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara: Dukungan Ikapada dan Antusiasme Tokoh Masyarakat

Perjuangan Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara: Dukungan Ikapada dan Antusiasme Tokoh Masyarakat.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @jojo hutagalung

Selain kekayaan SDA, Pasaribu menyoroti banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat diandalkan. 

"Provinsi Sumatera Tenggara memiliki laut, tambang emas, dan CPO sawit yang akan menjadi potensi ekonomi yang besar di masa depan," ujar Syahrul M Pasaribu.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Utara: Kabupaten Labuhan Batu Jadi Calon Provinsi Sumatera Timur

BACA JUGA:Provinsi Sumatera Timur Siap Pecah: Profil dan Sejarah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara

Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Syahrin Harahap, juga mengonfirmasi kesiapan dari daerah yang akan tergabung dalam Provinsi Sumatera Tenggara. 

"Daerah-daerah itu sudah siap dari segi sosial, ekonomi, dan pembangunan infrastruktur untuk menyambut provinsi baru tersebut," jelas Harahap.

Meskipun moratorium DOB masih berlaku, wacana pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara sudah muncul sebelumnya, dengan pembentukan tiga provinsi baru, yaitu Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli, dan Provinsi Sumatera Tenggara. 

Namun, dalam update terbaru, usulan pemekaran Provinsi Sumatera Utara melibatkan bentuk lima provinsi daerah otonomi baru.

BACA JUGA:Kota Tanjung Balai Berpotensi Menjadi Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Sumatera Utara

BACA JUGA:Dukungan Gubernur Sumatera Utara dan Usulan Pembentukan Provinsi Baru Profesional dan Matang

Kendati dinilai sebagai langkah realistis, mengingat luas wilayah Provinsi Sumatera Utara mencapai 72.981 kilometer persegi, tetapi provinsi ini terdiri dari 8 kota dan 25 kabupaten, dengan jumlah penduduk terbanyak peringkat empat secara nasional. 

Jumlah penduduk Provinsi Sumatera Utara, sekitar 15.372.437 jiwa atau sekitar 210 jiwa per kilometer persegi menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2022.

Lebih lanjut, lima usulan provinsi DOB untuk pemekaran Provinsi Sumatera Utara diklaim sebagai aspirasi warga dan tokoh masyarakat setempat. 

Dukungan yang terus berkembang ini menjadi momentum penting dalam perjuangan untuk mewujudkan Provinsi Sumatera Tenggara.

BACA JUGA:Calon Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Sumatera Utara Telah Memenuhi Syarat Menurut Akademisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: