10 Tips Ampuh Mengatasi Maag: Rahasia Sehat Tanpa Sakit Perut

10 Tips Ampuh Mengatasi Maag: Rahasia Sehat Tanpa Sakit Perut

10 Cara Ampuh Obati Asam Lambung--Foto: Istimewa

KESEHATAN,PALPOS.ID - Maag adalah kondisi yang bisa menyerang siapa pun dan kapan pun. Penyebab maag kambuh biasanya adalah pilihan makanan yang kurang sehat atau kebiasaan telat makan.

Gejala yang muncul bisa ringan atau parah hingga mengganggu aktivitas. Namun, Anda tidak perlu khawatir, coba ikuti cara mengobati dan mengatasi maag berikut ini.

 

1. Minum Obat Maag

Minum obat adalah solusi utama untuk mengobati maag sehingga gejalanya hilang. Pilihan obat maag yang bisa Anda konsumsi pun beragam, seperti obat antasida untuk menetralkan asam di lambung. Ada juga H2 blocker yang menghambat reseptor histamin sehingga menghalangi naiknya asam lambung. Jenisnya meliputi ranitidine, famotidine, atau cimetidine.

Obat maag lainnya yang tak kalah ampuh adalah PPI (proton pump inhibitors) seperti omeprazole dan lansoprazole. PPI bekerja dengan cara menurunkan produksi asam lambung sehingga mengatasi gejala maag.

Meskipun konsumsi obat-obatan cukup efektif menghilangkan gejala maag, beberapa orang dengan kondisi tertentu sebaiknya lebih berhati-hati. Ibu hamil, ibu menyusui, pasien penyakit ginjal, penyakit hati, dan hipertensi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan.

BACA JUGA:Mengungkap Manfaat Luar Biasa Buah Markisa: Sumber Kesehatan yang Menyegarkan

BACA JUGA:Timun Dapat Menjaga Kesehatan Otak dan Menghilangkan Bintik Hitam

 2. Obat Lain untuk Atasi Penyebab Maag

Antibiotik diperlukan untuk mengobati maag yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Namun, Anda sebaiknya mengonsumsi antibiotik untuk maag dalam pengawasan dokter. Pilihan antibiotik yang diresepkan dokter biasanya adalah amoxicillin, clarithromycin, metronidazole, tetracycline, dan tinidazole.

Selain antibiotik, ada obat lain yang mengatasi gejala maag akibat infeksi, yaitu prokinetik. Obat ini membantu pengosongan perut lebih cepat. Obat-obatan prokinetik yang diresepkan biasanya adalah bethanechol dan metoklopramid.

 

3. Hindari Makanan Pedas, Asam, dan Berlemak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: