Jamur Kuping Ternyata Dapat Mencegah Anemia dan Menghilangkan Efek Racun

Jamur Kuping Ternyata Dapat Mencegah Anemia dan Menghilangkan Efek Racun

Jamur Kuping Ternyata Dapat Mencegah Anemia dan Menghilangkan Efek Racun.-Palpos.id-foto : tangkapan layar ig, berbagiresep-

KESEHATAN, PALPOS.ID - Jamur kuping (Auricularia auricula) merupakan jenis jamur yang berasal dari spesies A. Auricula-judae dan berasal dari keluarga auriculariaceae. 

Nama ‘kuping’ diberikan karena bentuknya yang menyerupai kuping manusia. Di berbagai budaya, jamur ini dikenal dengan nama yang berbeda, seperti kikurage di Jepang, Mu Er di Cina, dan Jews Ear / Judas’Ear dalam bahasa Inggris.

Karakteristik jamur kuping yang menarik antara lain adalah bentuknya yang menyerupai mangkok atau telinga, serta teksturnya yang kenyal saat segar dan keras seperti tulang saat kering. 

Jamur ini memiliki diameter 2 hingga 15 cm dengan daging tipis dan kenyal, serta warna hitam, coklat kehitaman, atau coklat tua.

BACA JUGA:Mengungkap Manfaat Luar Biasa Buah Markisa: Sumber Kesehatan yang Menyegarkan

BACA JUGA:Timun Dapat Menjaga Kesehatan Otak dan Menghilangkan Bintik Hitam

Reproduksi jamur kuping dilakukan secara vegetatif dengan cara bertunas, konidia, dan fragmentasi miselium. Reproduksi generatifnya menggunakan alat yang disebut basidium untuk menghasilkan spora yang disebut basidiospora. 

Siklus hidupnya hampir sama dengan siklus hidup jamur tiram dan shiitake, di mana spora dihasilkan dalam jumlah besar saat tubuh buah sudah menua.

Kandungan gizi jamur kuping

Jamur kuping kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Dalam 99 gram jamur kuping, terdapat kandungan nutrisi seperti kalori, karbohidrat, protein, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium, dan air. 

BACA JUGA:Wijen Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

BACA JUGA:Pasca Lebaran, Layanan Kesehatan di Lapas Perempuan Palembang Ramai Dikunjungi WB

Kandungan-kandungan ini memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: