Pemekaran Wilayah Provinsi Maluku: Mendesaknya Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Maluku Tenggara Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Maluku: Mendesaknya Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Maluku Tenggara Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Maluku: Mendesaknya Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Maluku Tenggara Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

"Pemekaran ini merupakan solusi untuk meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Kita optimis bahwa kebijakan moratorium juga akan dibuka Pemerintah Pusat untuk pemekaran Maluku Tenggara Raya ini," jelas Noya.

Selain itu, pemekaran ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk kepala daerah dari kabupaten atau kota yang akan dimekarkan, serta izin dari Provinsi induk melalui Gubernur dan DPRD Provinsi Maluku.

BACA JUGA:Wacana Pembentukan Provinsi Maluku Tenggara Raya (MTR) Terus Bergulir

BACA JUGA:Provinsi Maluku Utara Bersiap Membentuk 4 Kabupaten Baru untuk Percepatan Pembangunan 

Provinsi induk juga diwajibkan membiayai daerah otonomi baru yang dimekarkan selama tiga tahun, sebuah kesepakatan politik yang harus dipenuhi.

Dampak Positif Pemekaran

Dengan terbentuknya Provinsi Maluku Tenggara Raya, diharapkan akan ada percepatan pemerataan pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

"Ini akan mempercepat pemerataan pembangunan, juga pelayanan publik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku Tenggara Raya," kata Noya.

Potensi geoekonomi wilayah ini juga akan semakin kuat dengan adanya akses modal dan inklusi keuangan yang lebih baik.

"Inklusi keuangan melalui akses modal akan membuat daerah ini menjadi lebih berkembang pesat dan bila perlu pertumbuhan ekonomi dan indeks kesejahteraannya melebihi Provinsi induk," tambahnya.

Intinya, pembentukan Provinsi Maluku Tenggara Raya bukan hanya sekedar wacana, tetapi merupakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan di wilayah ini. 

Dengan dukungan semua pihak, diharapkan pemekaran ini bisa segera terwujud, membawa perubahan positif bagi seluruh masyarakat di wilayah Maluku Tenggara Raya.

Kepulauan Tanimbar sebagai calon ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya diharapkan bisa menjadi pusat pemerintahan yang efektif dan efisien, serta menjadi motor penggerak pembangunan di wilayah ini.

Pemekaran Wilayah Provinsi Maluku: Menuju Otonomi Baru Maluku Tenggara Raya dan 13 Kabupaten Baru.

Latar Belakang dan Tujuan Pemekaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: