Kembali Raih Digital Government Award. Kemenkumham jadi Kementerian Terbaik dalam Penerapan SPBE

 Kembali Raih Digital Government Award. Kemenkumham jadi Kementerian Terbaik dalam Penerapan SPBE

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di ranah penerapan teknologi dalam administrasi publik.

Pada Digital Government Award (DGA) tahun 2024, Kemenkumham meraih penghargaan prestisius untuk kategori Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Acara penghargaan yang dihelat dalam rangkaian SPBE Summit 2024 tersebut diumumkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Negara pada Senin, 27 Mei 2024.

BACA JUGA: Ciptakan Reformasi Birokrasi yang Efektif, Kemenkumham Sumsel Ikuti Rapat Evaluasi RB

BACA JUGA:Delapan Pejabat Kemenkumham Sumsel Berganti

Prestasi yang disematkan kepada Kemenkumham bukanlah hal baru, sebab ini merupakan kali kedua mereka meraih penghargaan serupa setelah sebelumnya berhasil memboyong trofi pada SPBE Summit 2023.

Ketua Panitia SPBE Summit 2024 menggarisbawahi peran strategis Kemenkumham dalam memperkuat pelayanan publik melalui adopsi teknologi digital.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, dalam tanggapannya mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan ini.

BACA JUGA:Satker Kemenkumham Sumsel Jadi Percontohan Pembangunan Zona Integritas

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Hadiri Rapat Kerja Program Pemajuan dan Penegakan Hak Asasi Manusia Tahun 2024

Ia menyoroti upaya Kemenkumham dalam menghadirkan pelayanan publik yang lebih inklusif dan terjangkau melalui berbagai aplikasi berbasis elektronik.

"Kini, masyarakat memiliki akses yang lebih mudah dan cepat terhadap layanan-layanan Kemenkumham. Tak lagi terikat pada batasan fisik kantor, pelayanan kami dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui perangkat seluler dan koneksi internet," papar Andap.

Lebih jauh, Andap menjelaskan bahwa Kemenkumham telah menekankan pada delapan aspek penting dalam pengembangan SPBE, seperti kualitas kebijakan internal.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Bimtek Tingkatkan profesionalisme petugas penyelenggara makanan di Lapas

BACA JUGA: Panel Evaluasi Pembangunan Zona Integritas, Kanwil Kemenkumham Sumsel Dorong Satker Raih WBK

Perencanaan strategis, sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK), inovasi dan aplikasi, manajemen SPBE, audit TIK, layanan publik elektronik, dan layanan administrasi pemerintahan elektronik.

Pencapaian Kemenkumham terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, tercermin dari peningkatan nilai indeks SPBE.

Dari titik 3,18 pada tahun 2019, hingga mencapai 4,21 pada DGA 2024 dengan predikat "Memuaskan".

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Utamakan Digitalisasi dalam Pelayanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: