Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar: Kahar Muzakir Sah Jadi Plt Ketua Umum Partai Beringin

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar: Kahar Muzakir Sah Jadi Plt Ketua Umum Partai Beringin

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar: Kahar Muzakir Sah Jadi Plt Ketua Umum Partai Beringin.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Zulfikar menjelaskan bahwa penunjukan Plt ini merupakan langkah penting dalam menjaga stabilitas internal partai selama proses penjaringan calon Ketua Umum definitif. 

"Setelah pengunduran diri resmi Bapak Airlangga Hartarto, maka untuk menjaga agar keberlangsungan internal partai tetap berjalan secara kondusif, perlu segera ditetapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Golkar," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Zulfikar mengungkapkan bahwa mekanisme penunjukan Plt harus melalui rapat pleno internal partai yang mengacu pada Peraturan Organisasi Nomor 08/2020 tentang Pergantian Antar Waktu. 

BACA JUGA:Pilkada Serentak 2024: Pasangan HAPAL Dapat Dukungan PKB dan MataHati Resmi Didukung Partai Golkar

BACA JUGA:Partai Golkar Amankan 102 Kursi DPR RI dan Tempatkan 14 Kader Jadi Ketua DPRD Provinsi Seluruh Indonesia

Dalam peraturan tersebut juga ditegaskan bahwa proses penunjukan Plt akan mengacu pada Petunjuk Pelaksana (Juklak) Nomor 01/2020 tentang Tata Kerja DPP Partai Golkar.

Menurut Zulfikar, Golkar memiliki aturan yang sangat jelas dan tegas terkait pengisian jabatan Plt Ketua Umum. 

"Dari aturan-aturan tersebut, serta kelaziman yang berlaku selama ini, Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar adalah Koordinator Bidang Kepartaian. Posisi tersebut, dalam struktur kepengurusan DPP Partai Golkar, dipegang oleh Wakil Ketua Umum Koordinasi Bidang Kepartaian," jelas Zulfikar.

Dengan demikian, berdasarkan aturan dan mekanisme yang ada, Zulfikar menyatakan bahwa Kahar Muzakir adalah sosok yang akan menggantikan Airlangga sebagai Plt Ketua Umum. 

BACA JUGA:Ardani Bersama Ketua Tim Pemenangan AW Noviadi Kembalikan Berkas Formulir Calon di Partai Golkar

BACA JUGA:Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru Berkomunikasi dengan Partai Golkar Menjelang Pilgub 2024

"Hal ini semoga dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh pengurus dan kader Partai Golkar di seluruh Indonesia," tutupnya.

Kahar Muzakir: Dari Sumatera Selatan ke Puncak Kepemimpinan Golkar

Kahar Muzakir adalah sosok yang telah lama malang melintang di dunia politik Indonesia, khususnya di Partai Golkar. 

Lahir di Pengaturan, Batanghari Leko, Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, pada 10 Desember 1946, Kahar Muzakir dikenal sebagai figur yang berdedikasi tinggi dalam mengabdi untuk partai dan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: