Strategi TJSL Pertamina Dukung Keberlanjutan Lingkungan

Strategi TJSL Pertamina Dukung Keberlanjutan Lingkungan

--

Proklim Desa Pulau Semambu adalah salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari Pertamina yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui Program Pertanian Ramah Lingkungan Semambu, yang dikenal dengan nama "Tanahku Semambu."

Program ini merupakan upaya Pertamina untuk mendukung dan memperbaiki kondisi lingkungan serta membantu masyarakat dalam beradaptasi dengan perubahan iklim.

BACA JUGA: Pertamina UMK Academy 2024: Pelatihan Kelas 2 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

BACA JUGA:Dukung Pemerintah Salurkan BBM Tepat Sasaran, Pertamina Patra Niaga Sosialisasikan QR Code Pertalite

Penghargaan Proklim Lestari yang diraih Pertamina ini merupakan pengakuan atas pelaksanaan Program Tanahku Semambu yang menghadapi tantangan perubahan iklim dan berupaya menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Program ini merupakan contoh nyata bagaimana perusahaan dapat berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan melalui strategi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang terintegrasi.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, Pertamina menerapkan beberapa strategi utama dalam Program Tanahku Semambu, antara lain:

Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT): Pertamina memanfaatkan energi baru terbarukan dalam sistem pengairan pertanian untuk mengatasi kekeringan dan meningkatkan produktivitas pertanian.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Himbau Warga Beli di Pangkalan Resmi Bukan Pengecer

BACA JUGA: Sukses di Sumatera: Pertamina Ajak UMK Binaan ke Ajang Bisnis dan Investasi Terbesar

Dengan memanfaatkan sumber energi yang ramah lingkungan, perusahaan berusaha mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Penggunaan Pupuk Organik: Untuk meningkatkan kualitas tanah dan mengurangi dampak dari penggunaan pupuk kimia, Pertamina mempromosikan penggunaan pupuk organik.

Pupuk organik tidak hanya membantu memperbaiki struktur tanah tetapi juga meningkatkan kapasitas tanah dalam menghadapi perubahan pola curah hujan dan kekeringan.

Perbaikan Struktur Tanah: Program ini juga mencakup upaya untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kapasitas tanah.

BACA JUGA:Pertamina Siap Amankan Pasokan Energi di Sumsel Jelang Idul Adha, Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: