Pj Gubernur Sumsel Hadiri Penandatanganan Kerjasama BUMN-BUMD : Fokus Pengelolaan Pertambangan dan

Pj Gubernur Sumsel Hadiri Penandatanganan Kerjasama BUMN-BUMD : Fokus Pengelolaan Pertambangan dan

--

SUMSEL, PALPOS.ID-Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H, M.S.E, menghadiri penandatanganan perjanjian kerjasama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di sektor pertambangan dan pengelolaan sampah, yang berlangsung pada Kamis, 22 Agustus 2024, di Gedung Juang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta.

Acara ini merupakan bagian dari inisiatif Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) dan bertujuan untuk memperkuat perekonomian lokal melalui sinergi antara BUMN dan BUMD.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk pimpinan KPK, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri BUMN, yang turut memberikan arahan untuk mendorong lebih banyak kerjasama serupa di seluruh Indonesia.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga merupakan implementasi dari output ke-4 dari aksi Penguatan Pengawasan Badan Usaha Pemerintah (BUMN BUMD), yang difokuskan pada kolaborasi antara BUMN dan BUMD.

BACA JUGA: Sumsel Jadi Pusat Pengembangan Budidaya Sapi dengan Pola Siska Berkat Dukungan BPDPKS dan Aspekpir

BACA JUGA:PWNA Sumsel dan KPPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Program Rencana Aksi Desa

Dalam wawancaranya usai acara, Elen Setiadi menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel sebelumnya telah menjalin kesepakatan dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada 6 Mei 2024.

Kesepakatan ini bertujuan untuk mendukung program prioritas pembangunan dan pengembangan bisnis BUMD di Sumatera Selatan.

PT Sriwijaya Mandiri Sumsel (PT SMS), yang merupakan BUMD Provinsi Sumatera Selatan, ditunjuk sebagai pilot project untuk kerjasama ini.

“Kerjasama ini melibatkan PT SMS dan PT Bukit Asam Tbk untuk angkutan batu bara. Ini adalah salah satu model kerjasama yang diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut,” kata Elen Setiadi.

BACA JUGA:Sumsel Fokus pada Pemberantasan Korupsi: Sosialisasi Percontohan Antikorupsi di Palembang dan Musi Rawas

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Tandatangani Deklarasi Final Dokumen Materi Teknis Muatan Perairan

Ia menambahkan bahwa PT SMS berencana melakukan kerjasama dengan BUMN PT Bukit Asam dalam beberapa aspek, termasuk angkutan kereta api batu bara, angkutan hauling batu bara menggunakan truk, dan pengelolaan limbah B3.

Elen menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel mendukung penuh sinergi kerjasama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: