Presidium ICEC Terpilih Siap Hadirkan Jurnalisme Berkualitas Menjelang World News Day

Presidium ICEC Terpilih Siap Hadirkan Jurnalisme Berkualitas Menjelang World News Day

Presidium ICEC Terpilih Siap Hadirkan Jurnalisme Berkualitas Menjelang World News Day.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALPOS.ID - Presidium ICEC Terpilih Siap Hadirkan Jurnalisme Berkualitas Menjelang World News Day.

Dalam suasana penuh optimisme, Kongres I Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia atau Indonesia Chief Editors Club (ICEC) berlangsung secara virtual, Jumat malam (20/9/2024). 

Kegiatan ini menjadi momen penting dalam sejarah jurnalisme Indonesia, khususnya menjelang peringatan World News Day yang diperingati setiap tanggal 28 September. 

Kongres ini bertemakan “Mengembalikan Kepercayaan Publik Terhadap Media dengan Jurnalisme Berkualitas”, sebuah komitmen besar yang menjadi sorotan di tengah tantangan industri media yang terus berubah seiring perkembangan teknologi digital.

BACA JUGA:Kongres I ICEC 2024: Langkah Mewujudkan Jurnalisme Berkualitas dan Bertanggung Jawab

BACA JUGA:Hari Pers Internasional: 57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC Hormati Peran Media dalam Masyarakat

Kongres yang diikuti oleh para pemimpin redaksi dari berbagai media di seluruh Indonesia ini menetapkan tujuh presidium terpilih, Badan Pertimbangan Organisasi, serta Majelis Kehormatan sebagai pilar-pilar penting dalam upaya mengembalikan kejayaan jurnalisme di Indonesia. 

Presidium ini diharapkan menjadi garda depan dalam mewujudkan jurnalisme yang tidak hanya independen dan profesional, tetapi juga mengedepankan kepentingan publik di tengah derasnya arus informasi.

Wamenkominfo: Prinsip Ekosistem Jurnalisme yang Sehat

Kongres I ICEC dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, yang memberikan paparan mengenai pentingnya ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi. 

Dalam pidatonya, Nezar menegaskan bahwa ada tiga prinsip utama yang harus dipegang teguh oleh ekosistem jurnalisme, yakni independensi, kualitas, dan pluralisme.

BACA JUGA:AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta di Padang untuk Lawan Informasi Sesat Jelang Pilkada 2024

BACA JUGA:Pelantikan Pengurus AMSI Sumatera Selatan 2024-2028 Dapat Dukungan dari Kadis Kominfo Sumsel

"Ekosistem jurnalisme yang sehat harus mendukung profesionalisme. Ini bukan hanya soal produk jurnalistik yang berkualitas, tetapi juga bagaimana media bisa bersaing secara sehat dalam industri ini. Di tengah disrupsi digital, peran jurnalisme justru semakin vital untuk menjaga transparansi dan mengawal demokrasi," ujar Nezar dalam sambutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: