Tim PORA Kemenkumham Sumsel Sinergi Dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada

Tim PORA Kemenkumham Sumsel Sinergi Dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Dalam upaya mempersiapkan dan menjaga keamanan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TOMPORA).

Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Gunung Gare, Pagaralam, pada Kamis, 3 September 2024, dan dihadiri oleh perwakilan dari Forkopimda serta Organisasi Perangkat Daerah Kota Pagaralam.

Rapat TIMPORA dibuka secara resmi oleh Penjabat Walikota Pagaralam, Nelson Firdaus. Dalam sambutannya, Nelson mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara berbagai pihak dalam pengawasan orang asing di wilayahnya.

Ia menekankan bahwa sinergi yang baik sangat diperlukan untuk menjaga integritas Pilkada.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 73 Desa/Kelurahan Menuju Sadar Hukum di Lahat

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lantik 6 Pejabat Nonmanajerial Keuangan

“Kita harus melakukan pengawasan yang ketat agar tidak ada intervensi asing yang dapat mengganggu proses demokrasi di daerah kita,” ungkap Nelson.

Pentingnya Pengawasan Orang Asing Kepala Divisi Keimigrasian, Sigit Setyawan, yang hadir mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel, menjelaskan beberapa isu utama yang perlu diwaspadai oleh TIMPORA menjelang kontestasi Pilkada 2024.

Ia menekankan bahwa selain WNA yang berkunjung, pihaknya juga perlu mewaspadai keberadaan jurnalis asing serta organisasi non-pemerintah (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) asing yang berkolaborasi dengan LSM lokal.

“Pengawasan ini penting untuk mencegah potensi pengaruh eksternal yang dapat merusak proses demokrasi di daerah kita,” lanjut Sigit.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Sosialisasi e-SOP Secara Daring

BACA JUGA: Jaring Notaris yang Berkualitas, Kemenkumham Sumsel Gelar Seleksi CAT Calon Notaris Tahun 2024

Ia berharap semua pihak dapat berkoordinasi secara intensif untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif menjelang Pilkada.

Tindak Lanjut dan Koordinasi Antara Lembaga Diskusi dalam rapat ini menghadirkan sejumlah narasumber yang memiliki kompetensi di bidang keimigrasian dan pengawasan pemilu, di antaranya Kasubbid Intelijen Keimigrasian, Joko Widodo, serta Ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Nurweni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: