Tingkatkan Pemahaman Pencegahan Korupsi Lewat Bimtek, DPRD Prabumulih Gandeng Kejaksaan

Tingkatkan Pemahaman Pencegahan Korupsi Lewat Bimtek, DPRD Prabumulih Gandeng Kejaksaan

30 anggota DPRD Prabumulih mengikuti bimtek tentang pencegahan korupsi.-Foto : Prabu-

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih kembali mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Rabu, 9 Oktober 2024, bertempat di ruang rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Prabumulih. 

Kali ini, bimtek yang diadakan berfokus pada topik penting terkait optimalisasi fungsi DPRD dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

Kegiatan ini menghadirkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Khristia Lutfiasandhi SH MH, sebagai narasumber utama.

Pada kesempatan itu, Kajari Prabumulih memaparkan berbagai aspek yang relevan bagi anggota legislatif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, terutama dalam konteks pencegahan tindak pidana korupsi. 

BACA JUGA:Sistem Barcode MyPertamina Mulai Diterapkan di Prabumulih, Sejumlah Pengemudi Kebingungan

BACA JUGA:Ramaikan Senkul, Disnaker Bakal Gandeng Berbagai Organisasi dan Hadirkan Live Music

Dalam penjelasannya, Khristia menekankan peran penting DPRD dalam penyusunan anggaran, pengawasan, serta pembuatan perundang-undangan.

Ia juga menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil oleh para wakil rakyat untuk memastikan bahwa segala tindakan yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Ketua sementara DPRD Kota Prabumulih, H. Deni Victoria SH MH, yang akrab disapa dengan panggilan DV, menjelaskan bahwa Bimtek ini sangat penting, terutama untuk memberikan pemahaman kepada seluruh anggota DPRD terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka dalam hal pencegahan korupsi. 

Dijelaskannya, dari total 30 anggota DPRD kota Prabumulih periode 2024-2029, sebanyak 16 orang merupakan wajah baru di parlemen, sementara sisanya adalah anggota incumbent yang telah memiliki pengalaman sebelumnya.

BACA JUGA:Kampanye Calon Wako Prabumulih : H. Arlan Pamer 4 Istri !

BACA JUGA:Geruduk 4 Markas TNI, Kapolres Prabumulih Beri Kado Nasi Tumpeng HUT ke 79 TNI

DV menekankan bahwa DPRD memiliki tugas yang sangat penting dalam penyusunan anggaran dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan.

Oleh karena itu, Bimtek ini diadakan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada para anggota legislatif mengenai peran mereka dalam menjaga integritas dan transparansi di dalam pemerintahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: