Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!

Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!-Foto:dokumen palpos-
TikTok Shop by Tokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah dan universitas untuk memberikan akses dan pelatihan berkualitas bagi masyarakat, guna mendukung pengembangan kreator konten dan LIVE host profesional yang berdaya saing tinggi melalui sederetan program.
Program WaktunyaSTARt! dirancang untuk memberdayakan masyarakat dari berbagai latar belakang agar memperoleh keterampilan LIVE hosting secara profesional melalui pelatihan terstruktur, praktik langsung, dan pendampingan intensif.
BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Nusa Tenggara Barat: Wacana Pembentukan Provinsi Baru Mengundang Perhatian Luas
“Melihat popularitas LIVE shopping sebagai cara berbelanja online yang terus meningkat, kami terus mendukung jutaan penjual termasuk pelaku UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB nasional untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan melalui fitur interaktif LIVE shopping,” jelas Stephanie.
Tokopedia dan TikTok Shop juga berkolaborasi dengan berbagai kementerian untuk memperkuat ekosistem kreator digital di Indonesia.
Melalui program Creators Lab yang diinisiasi bersama pemerintah, Tokopedia dan TikTok Shop telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 600 mahasiswa di Politeknik Pariwisata Bandung, Palembang, Makassar, Lombok, Bali, dan Medan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI.
Selain itu, bersama Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif RI, kedua platform melatih ribuan perempuan melalui program Emak-Emak Melek Teknologi (Emak-Emak Matic) agar menjadi affiliate content creator yang profesional, berkualitas, dan berdaya saing tinggi.
Di sisi lain, bersama Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Tokopedia dan TikTok Shop mendukung program Juragan UMKM dengan mengintegrasikan Creators Lab untuk mengedukasi kreator, baik affiliate maupun penjual tentang pemanfaatan konten video pendek dan live streaming.
Padang menjadi kota pertama penyelenggaraan program ini, yang akan diperluas ke berbagai wilayah hingga akhir 2025 dengan target ribuan pelaku UMKM.
Melalui kolaborasi dengan Kementerian Perindustrian RI dalam program KALCER (Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal), kedua platform juga memberikan pelatihan bagi pelaku usaha agar dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka di platform digital.
Selain pemerintah, Tokopedia dan TikTok Shop juga menggandeng universitas untuk pengembangan SDM digital.
Lewat program Certified LIVE Host, para mahasiswa dilatih agar dapat menjadi LIVE host profesional yang berdaya saing tinggi.
Program ini telah hadir di Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta, Universitas Brawijaya – Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Ciputra Makassar, Universitas Pelita Harapan dan akan hadir di universitas lainnya di Indonesia.
“Sebanyak lebih dari 350 mahasiswa peserta dan 156 mahasiswa berhasil meraih sertifikasi LIVE Host,” kata Stephanie.jadi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: