Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!

Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!

Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!-Foto:dokumen palpos-

Ada pula program Star Streamer 2025 untuk mempertemukan individu bertalenta dengan berbagai brand, membuka peluang bagi para calon maupun LIVE host berbakat untuk berkolaborasi dan membangun karier profesional di industri digital.

Sejak digelar di Jakarta pada April 2025, program ini telah menginspirasi dan membekali lebih dari 3.000 peserta dengan pelatihan serta sertifikasi LIVE hosting profesional.

Temuan Menarik di TikTok Shop by Tokopedia Berkat LIVE Streaming

Stephanie mengungkapkan, “Terjadi kenaikan nilai transaksi sejumlah penjual di TikTok Shop berkat LIVE streaming yang dibuat oleh penjual maupun affiliate/content creators mencapai 30 kali lipat.

Sedangkan kenaikan nilai transaksi sejumlah penjual di TikTok Shop berkat short video (video pendek) yang dibuat oleh penjual maupun affiliate content creators mencapai 31 kali lipat.”

Senior Group Head of Business Unit Paragon Corp, Clarissa Angga Gunawan, mengungkapkan, “Paragon sebagai perusahaan lokal dengan berbagai merek kecantikan dan perawatan tubuh, seperti Wardah, Kahf, Labore, dan Emina, menjadikan TikTok LIVE sebagai kanal penting untuk menjangkau konsumen secara langsung dan autentik.

Lewat fitur LIVE streaming, kami bisa menunjukkan keunggulan produk secara nyata, berinteraksi langsung dengan audiens, hingga mendorong pembelian melalui TikTok Shop.

Kami juga telah memiliki studio khusus untuk LIVE, yang memungkinkan kami berinteraksi dengan puluhan hingga ratusan ribu konsumen setiap hari secara real-time.”

Salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan fitur LIVE di TikTok Shop by Tokopedia adalah, LY Fashion (Tokopedia dan TikTok Shop) milik Liza Aditya, yang memproduksi fashion muslim. LY Fashion menggunakan fitur LIVE untuk mendongkrak penjualannya.

Memiliki 6 host, LY Fashion melakukan LIVE setiap hari dari pukul 09.00-21.00 secara bergantian.

Lewat LIVE, produk LY Fashion terjual lebih dari 4.000 potong di TikTok Shop sejak berjualan pada Maret 2025. Bahkan TikTok Shop berkontribusi hingga 90% terhadap penjualan LY Fashion. (Profil selengkapnya di sini)

Sementara kreator konten/afiliator, Leo Giovanni, dengan akun TikTok, @racuninskincare, yang membahas produk perawatan kulit, dan @leo_giovannii, yang berisi panduan menjadi kreator konten, rutin melakukan LIVE streaming selama 8–10 jam setiap hari di TikTok Shop by Tokopedia untuk berbagi konten edukatif.

Melalui profesinya, ia telah membantu ribuan orang yang disebutnya ‘Murid FYP Specialist’ meraih penghasilan dari konten. (Profil selengkapnya di sini)

Lampiran

Kisah Kreator Konten - Leo Giovanni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: