Warga Diimbau tidak Bakar Lahan di Seputar Bandara Silampari, Ini Akibatnya...

Warga Diimbau tidak Bakar Lahan di Seputar Bandara Silampari, Ini Akibatnya...

Unit PKP-PK Bandara Silampari melakukan pemadaman lahab di dekat Pagar Pembatas dalam Bandara, Selasa 22 November 2022.-Palpos.id-Humas Bandara Silampari

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Silampari Lubuklinggau imbau warga seputar bandara tidak melakukan pembakaran lahan.

Pasalnya dalam sepekan terakhir cuaca di Kota Lubuklinggau terbilang panas dan suhu udara diatas 30°C.

Kondisi itu dapat memicu terjadinya kebakaran yang dapat menganggu keselamatan penerbangan di Bandara Silampari Lubuklinggau.

"Seperti yang terjadi hari ini terjadi kebakaran di  seputar pagar batas bandara," ungkapkan Kepala UPBU Silampari, Mega Herdiansyah, melalui Kepala Unit PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran) Beni Kurniawan, didampingi Humas Bandi, dijumpai di Bandara Silampari, Selasa 22 November 2022.

BACA JUGA:Drone Jadi Ancaman Keselamatan Penerbangan di Bandara Silampari

Dijelaskannya kronologis kebakaran lahan di seputar batas pagar bandara terjadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Namun dalam waktu hitungan menit Unit PKP-PK langsung merespon kebakaran tersebut dan berhasil memadamkan kobaran api yang mulai menjalar dan membesar hanya dalam waktu sekitar 5 menit.

"Dari peralatan navigasi udara atau DVOR terpantau adanya kebakaran di dekat batas pagar bandara atau sekitar 150 m dari runway, kebakaran langsung direspon dan kurang dari lima menit api berhasil dipadamkan," ungkapnya.

Sebelum berhasil dipadamkan api yang tadinya kecil, sudah menjalar dan menyebar hingga melalap lahan sekitar 2x5m.

BACA JUGA:Towbar Rusak, Garbarata di Bandara Silampari Tidak Berfungsi

Asal api sendiri belum diketahui secara pasti, namun diprediksi api berasal dari percikan bunga api yang terbawa angin hingga memicu terjadinya kebakaran.

"Kita tidak tahu apa ada warga seputar pagar pembatas  yang melakukan pembakaran lahan, karena kalau kita cek sekitar lokasi tidak ada aktivitas warga" jelasnya.

Namun karena cuaca panas dan angin kencang bisa saja diluar area bandara terjadi pembakaran sehingga percikan bunga apinya terbawa terbawa angin.

Dan menyebabkan kebakaran di dekat pagar pembatas dalam area bandara. Beruntung saat kebakaran sedang tidak ada jadwal penerbangan.

BACA JUGA:Angkasa Pura Targetkan Bandara SMB II Jadi Ajang Untuk Tampilkan Ciri Khas Kota Palembang

"Ini bisa mengancam keselamatan penerbangan," ujarnya.

Atas insiden tersebut, dikatakan Kepala UPBU Silampari, pihaknya mengharapkan tidak melakukan pembakaran lahan demi keselamatan penerbangan di Bandara Silampari.

"Kita memang tidak bisa melarang warga yang beraktivitas diatas lahannya sendiri. Tapi demi keselamatan penerbangan sekali lagi kita imbau agar tidak melakukan pembakaran di area seputar Bandara Silampari," tutup Bandi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: