KPU Prabumulih Buka Rekrutmen Pantarlih Pemilu 2024, Ini Syaratnya !

KPU Prabumulih Buka Rekrutmen Pantarlih Pemilu 2024, Ini Syaratnya !

Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah SIP-FOTO : PRABU AGUSTIAWAN-PALPOS.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Pascamelakukan pelantikan Panitia Pemungutan Suara atau PPS se-Kota PRABUMULIH, Selasa, 24 Januari 2023.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih kembali akan melakukan perekrutan. Kali ini membuka perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih) Pemilu 2024.

BACA JUGA:Ridho Yahya Dukung Sekda Jadi Penggantinya, Ini Alasannya

Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah SIP mengatakan sesuai dengan namanya, tugas pokok dari pantarlih yaitu melakukan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024 yang akan datang.

"Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU pusat, pendaftaran pantarlih pemilu 2024 mulai dibuka pada 26-31 Januari 2023," ungkap Marjuansyah.

BACA JUGA:Merasa Dicurangi, Nakes Ngadu ke Dewan

Dikatakannya, jumlah pantarlih pemilu yang dibutuhkan yakni sama dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) yang ada.  

"Jumlahnya sama dengan TPS sekitar 680 sekianlah, karena perkiraan kita yanh dimutakhirkan ini jumlah penduduk berdasarkan DP4 yang sudah turun kemarin," ucapnya sembari menuturkan pantarlih harus turun langsung ke masyarakat melakukan coklit dan mendata.

BACA JUGA:PHL Nakes Ngadu ke Dewan, Walikota Prabumulih Meradang

Semua data pemilih yang ada selama ini kata Marjuansyah, akan di cocokkan dan diteliti oleh petugas pantarlih sehingga didapat data yang valid.

"Jadi tidak ada lagi data yang sudah pindah tapi masih terdaftar, atau yang sudah meninggal masih terdaftar. Kita awali dengan pencoklitan tadi," imbuhnya.

BACA JUGA:Jabatan Kades 9 Tahun?, Ridho : Mungkin Boleh Sepanjang Prestasi Kades Luar Biasa

Ketika ditanya syarat untuk dapat mendaftar menjadi pantarlih pemilu 2024, Marjuansyah menuturkan tidak ada syarat seperti mau daftar PPK atau PPS untuk menjadi pantarlih.

"Katek syarat seperti PPS yang ada tes, ini kita buka mereka daftar. Syaratnya sekarang cuma satu, harus punya android. Karena sudah pakai sidali pencoklitannya, jadi sudah pakai aplikasi pencocokannya sehingga mereka bisa update terus," bebernya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: