3 Alasan Kota Lubuklinggau Layak Jadi Ibukota Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan..

3 Alasan Kota Lubuklinggau Layak Jadi Ibukota Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan..

Wacana Pemekaran Provinsi Sumsel Barat: Fakta Menarik dan Potret Wilayah Berpotensi di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Masyarakat PMDOB R2L Ancam jadi Oposisi Pemkab Muara Enim, Ini Permintaannya...

Terus yang ketiga faktor sosial politis. Dan faktor ketiga ini biasanya tak kalah penting untuk menentukan ibukota provinsi baru.

Hal itu terkait figur tokoh dari Lubuklinggau berperan dominan atau tidak dalam presidium pemekaran ibukota provinsi baru itu.

‘’Artinya bagaimana peran tokoh-tokoh dari Kota Lubuklinggau memiliki akses di Kemendagri, Dirjen Otoda maupun Komisi II DPR RI yang konsen dalam pemekaran daerah, dan lainnya,” tutur Eka Rahman.

Sementara dari faktor politis ini juga menjadi titik lemah Kota Lubuklinggau. Sebab tokoh atau figur yang ada di eksekutif atau legislatif di tingkat pusat itu saat ini banyak berasal dari Kabupaten Lahat, dan Kota Pagaralam.

BACA JUGA:CDOB Gelumbang Masih Terkendala Moratorium, Ini Kata Pj Bupati Muara Enim...

BACA JUGA:Warga Kabupaten Muba Terdampak Tol Dobel Untung, Lho Kok Bisa

Jadi, itulah beberapa pertimbangan yang menjadikan peluang Kota Lubuklinggau yang sangat potensial sebagai ibukota Provinsi Sumselbar nantinya.

Akan tetapi, semua itu akan terwujud tergantung tahapan pemekaran selanjutnya, serta peran para tokoh dari Lubuklinggau sendiri.

‘’Serta bagaimana kontribusi dan antuasiasme berbagai elemen di Kota Lubuklinggau untuk berjuang menjadikan Kota Lubuklinggau sebagai ibukota Provinsi Sumselbar tersebut,” tambah Eka Rahman.

Diberitakan Palpos.id sebelumnya, rencana pembentukan daerah otonomi baru atau DOB hasil pemekaran Provinsi Sumatera Selatan, memang sangat ‘seksi’.

BACA JUGA:Peneliti BRIN Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah, Ini Kata Ketua PBNU Umarsyah...

BACA JUGA:Peneliti BRIN Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah Diputuskan Majelis Kode Etik Melanggar Etika ASN...

DOB berupa provinsi baru tersebut yakni Provinsi Sumatera Selatan Barat atau Sumselbar. 

Apalagi setidaknya ada dua kabupaten provinsi tetangga yang juga siap bergabung dengan provinsi baru pecahan Provinsi Sumsel itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: