Lomba Bidar Kembali Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Palembang, Ini Pemenangnya...

Lomba Bidar Kembali Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Palembang, Ini Pemenangnya...

Peserta lomba bidar saat selesai menuju garis finish, Minggu (20/8/2023).- Foto: Tia-PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID - Lomba perahu bidar kembali memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Palembang yang berlangsung di Sungai Musi, Minggu (20/8/2023).

Salah satu lomba tradisional di Sumatera Selatan ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel bersama Pemerintah Kota Palembang setelah dua tahun sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Dalam hal ini Gubernur Sumsel Herman Deru, sangat mengapresiasi perlombaan tradisional di Sumsel ini.

BACA JUGA:Ribuan Warga Palembang Antusias Padati Pelataran BKB Demi Saksikan Lomba Bidar

"Lomba bidar ini bukan sekadar warisan budaya, akan tetapi juga menampilkan nilai perjuangan, maka dari itu saya harap perlombaan ini terus dilaksanakan setiap tahunnya," ujar Deru kepada awak media.

Selanjutnya, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan tujuan dari perlombaan ini sebagai bentuk melestarikan dan memperkenalkan budaya khas Palembang serta Sumatera Selatan, sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dan wisatawan, serta menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah

“Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya bagi masyarakat terutama generasi muda,” kata Harnojoyo.

BACA JUGA:Peserta Lomba Bidar HUT RI ke-78 di Muba Perebutkan Sebuah Mobil

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin menjelaskan selain memperkenalkan salah satu budaya Palembang, Sumsel tujuan dari perlombaan ini juga sekaligus untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

"Lama masa tinggal wisatawan, memberikan wadah kepada masyarakat untuk berkreativitas, dan menjadikan perlombaan tersebut menjadi destinasi wisata air yang mendunia," jelasnya.

Menurutnya, dengan banyaknya pengunjung yang  datang pada perlombaan tersebut, diharapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang.

BACA JUGA:Jelang HUT RI ke-78, Wako Palembang Bagi Ribuan Bendera Merah Putih Untuk Warga yang Melintas di Simpang Lima

"Lomba bidar diikuti mulai dari BUMN, OPD, komunitas, dan masyarakat umum. Untuk jumlah peserta mengikuti lomba bidar itu sebanyak tujuh peserta, dan setiap peserta memiliki anggota sebanyak 55 orang. sedangkan untuk perahu hias akan diikuti sebanyak 29 peserta," ucapnya.

Ia mengungkapkan jika pihaknya juga menghadirkan dewan juri yang telah berpengalaman membidangi hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: