Penutupan Sementara Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Hingga Peresmian oleh Presiden Jokowi

Penutupan Sementara Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Hingga Peresmian oleh Presiden Jokowi

Penutupan sementara jalan Tol Indralaya-Prabumulih hingga peresmian oleh Presiden Jokowi-Foto: Isro-

OGANILIR, PALPOS.ID - PT Hutama Karya (Persero) Akan Menutup Sementara Jalan Tol Indralaya-Prabumulih

Penutupan Tol Indra Prabu berlangsung Pada malam ini, sekitar pukul 23.59 WIB, PT Hutama Karya (Persero) akan melakukan penutupan sementara Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

Rencananya, penutupan ini akan berlaku hingga Kamis, 26 Oktober 2023, pukul 23.59 WIB. Penutupan ini memiliki tujuan penyempurnaan sistem transaksi di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Dikabarkan Akan Meresmikan Tol Indralaya-Prabumulih pada 13 September 2023

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya, mengungkapkan bahwa penutupan ini diperlukan untuk melakukan perawatan dan maintenance pada peralatan tol sebelum diresmikan.

Tjahjo juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas ke arah Indralaya menuju Prabumulih atau sebaliknya untuk menghindari akses masuk Gerbang Tol (GT) Indralaya maupun GT Prabumulih selama waktu penutupan.

"Kami ucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat penutupan tersebut," katanya. Selasa, 24 Oktober 2023.

BACA JUGA:Tol Indralaya - Prabumulih Beberapa Spot Tidak Diberi Lampu Jalan, Ini Alasannya...

Tjahjo Purnomo juga memberikan saran kepada pengguna jalan yang ingin melintas dari GT (Gerbang Tol) Palembang ke arah Indralaya agar keluar di GT Pemulutan dan GT KTM Rambutan, menggunakan jalan nasional (non-tol) sebagai alternatif rute.

"Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan akan meresmikan ruas Tol Indralaya-Prabumulih pada Kamis, 26 Oktober 2023," katanya.

Dikatakanya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, telah mengkonfirmasi rencana kedatangan Presiden.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel, Tol Indralaya-Prabumulih Efektif Atasi Kemacetan dan Mendorong Arus Ekonomi

" Pak Basuki menyebut bahwa Presiden Jokowi akan melakukan peresmian Tol Indra Prabu, yang merupakan bagian dari proyek Trans Sumatera," ucapnya.

Setelah diresmikan oleh Jokowi, Tol Indralaya-Prabumulih akan berbayar secara otomatis.

Sejak dioperasikan pada 30 Agustus 2023, tol ini telah beroperasi tanpa tarif. Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, menjelaskan bahwa tarif per kilometer tol ini sebesar Rp 1.300.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim dengan total panjang sekitar 119 kilometer, terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih dan Seksi 2 Prabumulih-Muara Enim.

Tol ini melewati beberapa wilayah, termasuk Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih, dilengkapi dengan 2 Simpang Susun, 1 Gerbang Tol, dan 1 TIP (Rest Area) Tipe A.

Dengan hadirnya tol ini, perjalanan dari Palembang ke Prabumulih menjadi lebih cepat, hanya sekitar 1 jam.

Selain meresmikan Tol Indralaya-Prabumulih, Presiden Jokowi juga akan melakukan blusukan ke Pasar Indralaya dan merencanakan makan-makan di Indralaya.

Untuk mempersiapkan kedatangan Presiden, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melakukan rapat koordinasi pada Senin, 23 Oktober 2023, untuk memastikan kenyamanan acara kunjungan Presiden ke Kabupaten Ogan Ilir.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: