Terung Asam Bukan Hanya Nikmat Dibuat Sambal Terasi, Tapi Memiliki Khasiat Obat untuk Raja Singa Loh!

Terung Asam Bukan Hanya Nikmat Dibuat Sambal Terasi, Tapi Memiliki Khasiat Obat untuk Raja Singa Loh!

Terung Asam Bukan Hanya Nikmat Dibuat Sambal Terasi, Tapi Memiliki Khasiat Obat untuk Raja Singa Loh!--

KESEHATAN, PALPOS.ID - Terung asam (Solanum Ferox) merupakan sebuah spesies tanaman dalam keluarga Solanacease.

Terung asam dikenal dengan nama lain, antara lain terong dayak, terong perat (Madura), cung bulu, latteoeng, terong asam, (Sumatera), asam rimbang (Dayak).

Terung asam berasal dari Asia Timur yang menyebar di China, India, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan termasuk juga Indonesia.

BACA JUGA:Minum Kopi Dapat Meredakan Sakit Asma

Di India, Thailand, dan Malaysia, buah terung asam ini banyak digunakan sebagai penambah rasa asam dalam kari, sedangkan di Thailand, saus khusus yang disebut 'nam prek' juga dibuat dari terung asam.  

Di Indonesia khususnya di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, terung ini dijadikan sambal terasi dan bahan tambahan/campuran pada beberapa jenis masakan.

Seperti namanya, terung ini mempunyai rasa yang sangat asam sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan campuran sambal.

BACA JUGA:13 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Termasuk untuk Mengatasi HIV

Terung asam dapat tumbuh subur di daerah tropis yang memiliki cukup sinar matahari langsung.

Terung asam, dapat tumbuh di berbagai jenis tanah yang subur dan berdrainase baik. Lebih suka pH dalam kisaran 5,5 - 7, mentolerir 4,5 - 7,5.

Terung asam baik batang maupun buahnya berbulu halus. Sedangkan daunnya, tidak jauh berbeda dengan daun terong pada umumnya, yang membedakan daun terong asam memiliki bulu-bulu halus seperti pada batang dan buahnya.  

BACA JUGA:Makanan Dan Minuman Sehat Untuk Penderita Vertigo

bunga terung asam ini berkelompok pendek, berbentuk corong, dengan lobus bulat telur-segitiga. Corolla berbulu lebat di luar, putih, berbentuk persegi panjang, panjang 2 - 2,5 cm.

Buahnya, kuning, bulat, diameter 2,5 - 3,5 cm, tertutup rapat dengan rambut seperti jarum, dan berbiji banyak.

Menurut hasil penelitian tanaman ini menunjukkan adanya aktivitas antibakteri dan repellent, serta daunnya dianggap mampu sebagai diaphoretic (mengeluarkan keringat), emetic (muntah), dan expectorant (pengencer dahak).

BACA JUGA:Kopi Hitam Tanpa Gula Lebih Sehat dan Bisa Meningkatkan Konsentrasi, Benarkah?

Tanaman ini juga telah digunakan di berbagai negara sebagai obat tradisional seperti di India, Bangladesh, Malaysia, dan juga Filipina.

Itu berkat kandungan zat-zat penting yang didapati pada buah terung asam yang dibutuhkan tubuh.

Seperti alkaloid, terpenoid, fenolat khususnya flavonoid, asam lemak, asam palmitat, asam stearat, asam oleat, dan asam linoleat.

BACA JUGA:Demam dan Malaria, Coba Minum Ekstra Daun Sungkai Pasti Sembuh, begini caranya!

Berkat kandungan tersebut terung asam berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa khasiat terung asam adalah mengatasi bengkak, meredakan nyeri hebat di seluruh tubuh dan ketidaknyamanan setelah makan.

Tidak banyak yang tahu jika terung asam ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit sifilis atau sinraja singa yakni penyakit yang disebabkan sering melakukan sek bebas atau gonta ganti pasangan.

BACA JUGA:8 Obat Sakit Gigi Yang Efektif Dan Alami

Selain itu, terung asam juga bermanfaat untuk mengatasi demam di malam hari, gatal, luka, memar parah, mengobati sakit gigi, batuk, asma, demam, muntah, sakit tenggorokan, gonore ,dan gangguan seksual wanita.

Nah itulah beberapa manfaat terung asam yang dirangkum dari sejumlah sumber seperti dilansir platform media online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: