10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Salah Satunya Mencegah Kanker

10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Salah Satunya Mencegah Kanker

10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Salah Satunya Mencegah Kanker.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Salah satu manfaat tertawa adalah mengurangi stres dan depresi. Tertawa juga dapat mengurangi kecemasan dan emosi negatif. 

Tertawa juga terbukti mengurangi kecemasan pada pasien dengan penyakit parkison. 

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan  bahwa tertawa mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan optimisme, harga diri, serta depresi pada wanita menopouse.

Dari segi psikologis menyatakan kemampuan untuk mempertahankan rasa humor dan kemampuan untuk tertawa dapat bertindak sebagai mekanisme positif untuk membantu seseorang melewati masa-masa sulit. 

9. Menurunkan berat badan

Tertawa juga mampu menurunkan berat badan. Karena saat tertawa dapat meningkatkan detak jantung dan mempercepat metabolisme tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat membakar kalori dan membantu meningkatkan kebugaran tubuh.

Ketika tertawa otot-otot di wajah, perut, serta dada akan terlibat aktif. Aktivitas otot ini memicu pelepasan endorfin, yaitu senyawa kimia yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Ketika detak jantung meningkat dapat membantu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. 

Proses tertawa sehat ke dalam rutinitas olahraga dapat membantu meningatkan efektivitas program diet dan olahraga yang  sedang dilakukan.

Tertawa 20 menit dalam sehari, baik itu dengan menonton acara komedi, mengobrol dengan teman yang lucu atau mengikuti kelas tertawa. 

10. Melindungi hati

Tertawa secara teratur menjadikan tekanan darah lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang tertawa. 

Meskipun tekanan darah meningkat saat tertawa, namun setelahnya akan menurun ke level  yang lebih rendah dari sebelumnya. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. * (sumber orami)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: