Pembentukan Kabupaten Bogor Selatan di Provinsi Jawa Barat Masih Menunggu Persetujuan Pusat

Pembentukan Kabupaten Bogor Selatan di Provinsi Jawa Barat Masih Menunggu Persetujuan Pusat

Pembentukan Kabupaten Bogor Selatan di Provinsi Jawa Barat Masih Menunggu Persetujuan Pusat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAWA BARAT, PALPOS.ID - Pembentukan Kabupaten Bogor Selatan di Provinsi Jawa Barat Masih Menunggu Persetujuan Pusat.

Pemekaran Kabupaten Bogor khususnya usulan Kabupaten Bogor Selatan, masih menjadi topik yang hangat diperbincangkan di Provinsi Jawa Barat. 

Meski wacana tersebut telah muncul dan mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak, namun hingga saat ini, belum ada persyaratan resmi yang diajukan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

Menurut informasi terbaru, hambatan utama dalam mewujudkan pembentukan Kabupaten Bogor Selatan adalah moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih berlaku. 

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Kabupaten Bogor Selatan di Jawa Barat: Antara Harapan dan Kendala

BACA JUGA:Potensi Pemekaran Kabupaten Bogor Selatan: Sebuah Perjalanan Menuju Pemekaran di Jawa Barat

Pemerintah Pusat belum mencabut moratorium tersebut, sehingga setiap usulan pemekaran daerah masih harus menunggu persetujuan lebih lanjut.

Pada sisi lain, pemekaran Kabupaten Bogor Selatan sebenarnya memiliki dasar yang kuat. 

Hal ini didasarkan pada kebutuhan untuk meratakan pembangunan serta mempercepat rentang kendali pelayanan birokrasi pemerintahan. 

Kabupaten Bogor, dengan luas wilayah mencapai 2.986 kilometer persegi dan terdiri dari 40 kecamatan, memiliki penduduk mencapai lebih dari 5,39 juta jiwa menurut data Sensus Penduduk BPS tahun 2020.

BACA JUGA:Usulan Kabupaten DOB Bogor Selatan Pemekaran Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Akankah Terwujud?

BACA JUGA:Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat: Pusat Pemerintahan Baru Calon Provinsi Cirebon

Kabupaten Bogor saat ini menempati peringkat pertama sebagai kabupaten dengan penduduk terbanyak di antara 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia. 

Oleh karena itu, pemekaran Kabupaten Bogor Selatan dianggap sebagai langkah strategis untuk menjawab tantangan pembangunan dan pelayanan publik yang semakin kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: