Pemekaran Provinsi Tangerang Raya di Banten: Menuju Masa Depan Baru dengan Pembentukan Daerah Otonom Baru

Pemekaran Provinsi Tangerang Raya di Banten: Menuju Masa Depan Baru dengan Pembentukan Daerah Otonom Baru

Pemekaran Provinsi Tangerang Raya di Banten: Menuju Masa Depan Baru dengan Pembentukan Daerah Otonom Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANTEN, PALPOS.ID - Pemekaran Provinsi Tangerang Raya di Banten: Menuju Masa Depan Baru dengan Pembentukan Daerah Otonom Baru.

Hampir satu dekade berlalu sejak wacana pemekaran dan pembentukan Provinsi Tangerang Raya mulai digulirkan oleh sejumlah tokoh. 

Bahkan, Badan Koordinasi Pembentukan Provinsi Tangerang Raya telah terbentuk sebagai langkah konkrit dalam mewujudkan gagasan tersebut. 

Meskipun demikian, perjalanan pemekaran ini masih terganjal oleh ketidaksepakatan terkait pembentukan dua wilayah di Kabupaten Tangerang, yaitu Kabupaten Tangerang Utara dan Kota Tangerang Tengah.

BACA JUGA:Berita Terbaru: Kawasan Tangerang Raya di Banten Mengusulkan Pembentukan Provinsi Tangerang Raya

BACA JUGA:Provinsi Tangerang Raya: Potret Mendalam Dan Kisah Pemekaran yang Mencuat dari Banten

Jika pemekaran ini terealisasi, Provinsi Tangerang Raya akan mencakup Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan dua kandidat pemekaran, yaitu Kota Tangerang Tengah dan Kabupaten Tangerang Utara.

Pendukung Penuh Pemekaran Kota Tangerang Tengah

Terkait pemekaran Kota Tangerang Tengah, Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai Kabupaten Induk menyatakan dukungan penuh terhadap pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kota Tangerang Tengah. 

"Bupati telah mempersilahkan, dan Pemerintah Daerah juga menambahkan satu kecamatan, yaitu Panongan, sehingga totalnya ada enam kecamatan yang berencana tergabung dalam pembentukan kota Tangerang Tengah," ungkap Yani Sutisna, Asda 1 Kabupaten Tangerang.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, bahkan telah menyiapkan Kecamatan Pagedangan sebagai Ibukota Kota Tangerang Tengah.

BACA JUGA:Perjuangan dan Progres Pembentukan Kota Tangerang Tengah: Pemekaran Kabupaten Tangerang di Banten

BACA JUGA:Rencana Provinsi Tangerang Raya Tertunda di Banten, Tapi Pembentukan Daerah Tangerang Utara Kian Dekat

"Nantinya tanah yang dijadikan sirkuit Offroad BSD City, Kecamatan Pagedangan, akan dijadikan pusat pemerintahan baru, apabila nanti di Kabupaten Tangerang akan dibentuk daerah otonomi baru," kata Zaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: