10 Kecamatan Terdampak Banjir, Pj Gubernur Sumsel Tinjau Banjir di Danau Rata

10 Kecamatan Terdampak Banjir, Pj Gubernur Sumsel Tinjau Banjir di Danau Rata

Pj Gubernur Sumsel Ahmad Fatoni meninjau sambil memberikan bantuan di salah satu lokasi banjir di Desa Danau Rata, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim.-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Sebanyak 15.270 KK atau 60 ribu jiwa yang tersebar di 73 desa atau 10 Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim terdampak banjir.

Bahkan akibat banjir juga menyebabkan 1 unit rumah roboh3 jembatan rusak, saluran irigasi rusak dan ratusan warga terserang penyakit.

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali saat  Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni melihat salah satu lokasi banjir di Desa Danau Rata, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Jumat (19/1).

Menurut Rizali, bahwa berdasarkan  informasi dari BMKG curah hujan di Muara Enim cukup tinggi antara 401 sampai 500 mm dengan sifat hujan di atas normal.

BACA JUGA:Polri Langsung Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir

BACA JUGA:Dilanda Banjir, Peternak Sapi Kesulitan Makanan Rumput

Tingginya curah hujan tersebut, menyebabkan sungai-sungai di beberapa wilayah Muara Enim meluap sehingga menggenangi beberapa desa di beberapa kecamatan yang berada di bantaran sungai, juga longsor di beberapa kecamatan yang terletak di dataran tinggi.

Lanjut Rizal, saat ini, ada 10 kecamatan terdampak banjir yang terdiri dari 73 desa dengan total 15.270 KK dan 60 ribu jiwa.

Adapun rinciannya Kecamatan Muara Enim 1 Kelurahan (50 KK), Kecamatan Ujan Mas 5 desa (1.533 KK), Kecamatan Benakat 5 desa (1.575 KK), Kecamatan Gunung Megang 7 desa (3.009 KK), Kecamatan Belimbing 9 desa (2.389 KK).

Kemudian, Kecamatan Empat Petulai Dangku 9 desa (3.026 KK), Kecamatan Sungai Rotan 14 desa (2.852 KK), Kecamatan Lembak 6 desa dengan (286 KK), Kecamatan Gelumbang 7 desa (280 KK), dan Kecamatan Muara Belida 8 desa (270 KK).

BACA JUGA:Sungai Lematang Meluap, Jembatan Gantung Putus, 63 KK Butuh Bantuan Sembako

BACA JUGA:23 Januari, Kendaraan Antar Jemput Tambang Harus Tertib

Selain itu, ada dua kecamatan yang mengalami longsor yaitu Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) dan Semendo Darat Tengah (SDT) terdapat 4 titik longsor yang  menyebabkan saluran irigasi patah dan tertimbun longsoran.

Kemudian untuk kerusakan infrastruktur antara lain 1 unit rumah roboh di desa Pagar Dewa Kecamatan Benakat, 3 jembatan rusak antara lain 1 jembatan gantung putus di desa Dusun Dalam Kecamatan Belimbing, 1 jembatan gantung putus di Desa Kahuripan Selatan Kecamatan Empat Petulai Dangku dan 1 unit jembatan beton rusak berat di Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat.

Akibat dari bencana tersebut, sambung Rizali, selain  mengakibatkan beberapa infrastruktur mengalami kerusakan, juga warga mulai terserang penyakit.

Adapun untuk jumlah masyarakat yang berobat karena terserang penyakit Diare berjumlah 10 orang dari Kecamatan Belimbing, Benakat dan Ujan Mas, Penyakit Kulit berjumlah 141 orang tersebar di Kecamatan Gunung Megang, Muara Belida, Belimbing, Empat Petulai Dangku, Benakat, Lembak dan Ujan Mas.

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Hadiri Wisuda 220 Santri TPQ dari 30 TPA

BACA JUGA:Rumah Roboh Akibat Banjir Akan Segara Dibangun Kembali

Lalu, Batuk disertai Pilek berjumlah 115 orang yang tersebar di seluruh kecamatan terdampak banjir, Demam berjumlah 123 orang tersebar di Kecamatan Gunung Megang, Belimbing, Empat Petulai Dangku, Benakat dan Ujan Mas.

Atas musibah banjir tersebut, Pemkab Muara Enim telah melakukan berbagai upaya, seperti melakukan rapat koordinasi bersama forkopimda dan OPD, serta menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor.

Mengevakuasi dan mendirikan tenda pengungsi terhadap masyarakat terdampak bersama TNI, Polri, Tim Rescue gabungan yang terdiri dari beberapa perusahaan, Basarnas dan BPBD.

Kemudian, melakukan pendataan dan menginventarisir dampak bencana banjir dan longsor, menyalurkan bantuan sembako berupa 6 ton beras, 600 Liter Minyak Goreng, 500 Kg Gula Pasir, 625 dus Mie Instan, 500 dus Air Mineral, 60 paket berisi Makanan Kaleng, Susu Kental Manis, Kecap, Saos Sambal. Bantuan juga terus mengalir dari perusahaan-perusahaan baik BUMD, BUMN dan BUMS juga perorangan yang diberikan secara langsung.

BACA JUGA:Terkena Banjir Sekolah di Kabupaten Muaraenim Diliburkan

BACA JUGA:Polisi Berikan Pelatihan Kepada Linmas Desa Kemang

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel mengatakan Agus Fatoni mengatakan pemerintah telah dilakukan pendataan, pengupayaan pertolongan dan pemberian bantuan baik berupa peralatan, makanan dan pakaian dan medis.

Kerjasama dan bantuan dari berbagai komponen baik pemerintah daerah, TNI, Polri, perusahaan baik BUMN, BUMD, BUMS dan perorangan, dalam musibah ini semua bersatu padu untuk bisa membantu para korban terdampak bencana yang ada di Sumatera Selatan ini.

Untuk infrastruktur yang rusak seperti jembatan juga sudah didata, sudah dikoordinasikan antara pemerintah provinsi, kabupaten dan pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: