Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ajarkan Narapidana Baca Tulis Hitung

 Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ajarkan Narapidana Baca Tulis Hitung

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Rutan Kelas IIB Prabumulih, sebuah lembaga pemasyarakatan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sumatera Selatan, telah menginisiasi program pembinaan pendidikan dasar bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan tujuan meningkatkan kemampuan dasar mereka dalam membaca, menulis, dan berhitung.

Langkah ini sejalan dengan dorongan yang senantiasa diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, untuk memberikan pelayanan dan pembinaan yang optimal kepada seluruh WBP yang berada di bawah yurisdiksinya.

Pada Minggu, tanggal 25 Februari, program pembinaan tersebut diresmikan dengan memberikan pengajaran langsung kepada 13 orang WBP.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Perancang Peraturan Perundang- Undang se- Sumsel

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Verifikasi Kepuasan Pelayanan di Lapas Lubuklinggau

Karutan Prabumulih, Zulkifli Bintang, yang menjadi salah satu penggerak utama program ini, menekankan pentingnya kemampuan dasar ini bagi setiap individu.

"Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung merupakan hak bagi setiap orang. Itulah mengapa kita ingin seluruh Warga Binaan yang ada di sini memiliki kemampuan tersebut," ujarnya dengan tegas.

Program pembinaan ini merupakan langkah progresif yang bertujuan untuk memberdayakan WBP agar memiliki keterampilan yang cukup untuk menghadapi kehidupan di luar penjara.

BACA JUGA: Evaluasi dan Tingkatkan Kinerja, Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Rapat Koordinsi dan Assesment

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Kampanyekan Pembangunan Zona Integritas

Zulkifli Bintang menegaskan komitmen untuk terus mendukung dan konsisten dalam melaksanakan program ini dengan dukungan penuh dari stafnya.

Bahkan, mereka tengah mengupayakan pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai fasilitas pendukung untuk meningkatkan akses pendidikan bagi WBP.

Iin Valentino, Kasubsi Pelayanan Tahanan, menyoroti bahwa program pembinaan ini dijadwalkan berlangsung setiap hari Senin sampai Sabtu, dengan waktu pelaksanaan dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Latih 20 Calon Operator Kekayaan Intelektual di Pemkab OKU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: