Perawatan Rutin Prasarana KA oleh KAI Divre III Palembang Jelang Idul Fitri

Perawatan Rutin Prasarana KA oleh KAI Divre III Palembang Jelang Idul Fitri

--

BISNIS, PALPOS.ID-Menyambut momen angkutan lebaran Idul Fitri Tahun 2024, KAI Divre III Palembang telah dan terus melakukan persiapan dengan baik.

Bentuk upaya yang dilakukan oleh jajaran KAI Divre III Palembang diantaranya dengan melakukan perawatan prasarana dan sarana berupa jalur KA, perangkat persinyalan, lokomotif, dan kereta untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan perjalanan KA.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan KAI Divre III senantiasa melakukan perawatan dan pengecekan kondisi rel kereta api secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

BACA JUGA: KAI Genjot Investasi untuk Dukungan Logistik Batu Bara di Sumbagsel

BACA JUGA:Libur Panjang, PT KAI Divre III Siapkan 12.068 Tiket KA

Selain perawatan dan pengecekan jalur KA, juga memastikan kehandalan perangkat persinyalan dan sarana yang akan digunakan yaitu lokomotif dan kereta penumpang.

Perawatan prasarana dan sarana dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai dengan standar pengoperasian berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.

Aida menjelaskan, Divre III Palembang memiliki panjang lintas sejauh 485.150 KM Spoor dan melintasi 7 kota/kabupaten yang dilewati kereta api di Sumatera Selatan yaitu Palembang, Ogan Ilir, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebingtinggi Empat Lawang, Lubuk Linggau dan 1 stasiun masuk wilayah provinsi Bengkulu, yaitu stasiun Kota Padang.

BACA JUGA:PTKAI Kembali Miliki Aset Tanah di Lahat, Terkait Upaya Banding Gugatan Perkara Aset Tanah di Kabupaten Lahat

BACA JUGA:Promosikan Kain Gambo Muba dan Makanan Ringan di UMKM Expo 2023

Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, KAI Divre III memiliki 22 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Resort Jalan Rel, 3 UPT Resort Jembatan, dan 1 UPT Mekanik, untuk perawatan persinyalan KAI memiliki 9 UPT Resort Sintelis dan 1 UPT Workshop.

Sedangkan untuk perawatan 13 lokomotif CC 201 dan 43 kereta yang akan digunakan selama masa angkutan lebaran ada di 2 Dipo lokomotif dan 1 Dipo Kereta yang keseluruhannya telah memiliki wilayah kerja masing-masing di Divre III Palembang.

Para petugas tersebut akan memastikan dan melakukan perawatan dengan melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast, maupun kehandalan perangkat persinyalan oleh petugas Sintelis dan kesiapan operasi serta kenyamanan lokomotif dan kereta yang akan digunakan.

BACA JUGA:Duet Styler dan Mesin Cuci Terbaru LG Siap Jadi Solusi Lengkap Perawatan Pakaian Modern

BACA JUGA:Pesan Tiket Lebaran? Simak Strategi Baru Kereta Api Indonesia dalam Mengatasi Kepadatan Pemesanan

"Perawatan prasarana dan sarana wilayah Divre III Palembang akan terus dilakukan para petugas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api," ungkap Aida.

Untuk Pemesanan tiket Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Divre III Palembang mulai 31 Maret hingga 21 April 2024, berdasarkan data terakhir (27/4) telah tercatat sebanyak 46.697 pelanggan yang telah membeli tiket atau 89% dari ketersediaan yang ada.

Pada momen arus mudik 31 Maret (H-10) s/d 9 April (H-1) tercatat 22.227 pelanggan, sedangkan untuk arus balik mulai 12 - 21 April atau H+1 hingga H+10 lebaran tercatat 20.148 pelanggan.

BACA JUGA:Pesta Diskon Besar-Besaran: Palembang Indah Mall Gelar Great Sale dan Midnight Sale

BACA JUGA:Libur Nataru 2023, Pertamina Jamin Stok BBM Aman, Warning Tidak Pakai Tangki Modifikasi

"Data penjualan masih akan terus meningkat, selama penjualan tiket terus berlangsung," ucapnya.

Aida menambahkan, KAI Divre III Palembang mengoperasikan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dengan ketersediaan tempat duduk masa Angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 H adalah 52.228 dengan rata-rata setiap harinya 2.374 tempat duduk. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: