PLN Siapkan 175 SPKLU Baru untuk Dukung Mudik Ramah Lingkungan

PLN Siapkan 175 SPKLU Baru untuk Dukung Mudik Ramah Lingkungan

--

BISNIS, PALPOS.ID-Seiring dengan mendekatnya momen Idul Fitri 1445 H, PLN (Persero) terus meningkatkan persiapannya dalam mendukung mobilitas pemudik dengan kendaraan listrik.

Langkah ini terbukti dengan kunjungan langsung Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, ke Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area 626B, Madiun, Jawa Timur, pada Sabtu (6/4).

Darmawan Prasodjo tak hanya melakukan kunjungan, tetapi juga melakukan perjalanan menggunakan mobil listrik dari Gresik menuju Yogyakarta.

BACA JUGA:Tantangan dan Solusi: PLN dan Kejaksaan Tinggi Sumsel Bersatu Hadapi Hambatan Pembangunan Listrik

BACA JUGA: Langkah Antikorupsi Terpadu: PLN dan Kejaksaan Tinggi Sumsel Ajak Berbagai Pihak Diskusikan Strategi

Langkah ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan pengisian kendaraan listrik serta memperlihatkan komitmen PLN dalam mendukung mobilitas dengan energi terbarukan.

“Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik, ini adalah bukti bahwa PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik," ujar Darmawan.

Untuk memastikan kesiapan SPKLU, PLN telah menambah 175 unit SPKLU yang tersebar di berbagai titik jalur mudik di Jawa dan Sumatra.

BACA JUGA: Dibuka Ketua PIKK PLN, Booth UMK Binaan PLN Tawarkan Berbagai Produk Khas Daerah di INACRAFT 2024

BACA JUGA: PLN dan BYD Motor Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis untuk Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Totalnya, ada 1.299 unit SPKLU yang siap melayani pengguna kendaraan listrik di seluruh Indonesia.

PLN juga telah memetakan dengan cermat seluruh sebaran SPKLU, dengan jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 km di jalur tol Trans Sumatra-Jawa.

Hal ini menjadikan perjalanan menggunakan kendaraan listrik menjadi lebih aman dan nyaman, mengingat kapasitas baterai mobil listrik yang memadai untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

BACA JUGA:Menteri BUMN Dorong Transformasi: PLN Raih Sukses dalam Keterbukaan dan Keberlanjutan

BACA JUGA: PLN Sumbagsel Perkuat Sinergi dengan Mitra Kerja, Capai Zero Loss melalui Budaya K3

“PLN telah menyiapkan SPKLU di jalur-jalur mudik dari Merak sampai Banyuwangi dan Bakauheni sampai Palembang dengan total 239 unit SPKLU dengan rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km, sehingga sangat aman untuk mudik menggunakan kendaraan listrik,” ungkap Darmawan.

Tidak hanya fokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN juga telah menyiapkan infrastruktur pendukung bagi kendaraan listrik roda dua.

Sebanyak 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik.

BACA JUGA:Pengembang Potensi Panas Bumi di Kabupaten Rejang Lebong dan Kapahiang, Bukit Komitmen PLN Mewujudkan Program

BACA JUGA:Dirut PLN Pimpin LangsungPengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

Darmawan menekankan bahwa akses terhadap lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat dilakukan melalui menu Electric Vehicle Digital Services pada Aplikasi PLN Mobile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: