Inovasi Pembiayaan Selektif: BTPN Syariah Dorong Kemajuan Usaha Mikro, Begini Caranya

Inovasi Pembiayaan Selektif: BTPN Syariah Dorong Kemajuan Usaha Mikro, Begini Caranya

--

BISNIS, PALPOS.ID-Pada awal tahun 2024, BTPN Syariah, sebuah bank yang berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat inklusi, terus menunjukkan kinerja yang solid dan komitmen yang kuat dalam memberikan layanan yang berkualitas.

Dengan fokus pada pendampingan dan penyaluran pembiayaan yang selektif, bank ini berhasil memelihara kesehatan keuangannya sambil memperluas dampak positifnya pada masyarakat.

Direktur BTPN Syariah, Fachmy Achmad, menegaskan bahwa kinerja yang terjaga tidak terlepas dari upaya intensif bank dalam melakukan pendampingan dan menyalurkan pembiayaan dengan selektif.

BACA JUGA: Digitalisasi Dorong Kemajuan UMKM Sumsel di Pameran Kadin Expo 2024

BACA JUGA:Aplikasi Merchant BCA : Solusi Efektif bagi Pengelolaan Bisnis UMKM !

Hal ini merupakan wujud komitmen bank dalam memberdayakan masyarakat inklusi.

Program pendampingan seperti Bestee menjadi salah satu inovasi yang memberikan dampak nyata bagi nasabah.

Salah satu contoh keberhasilan dari program Bestee adalah pengalaman Ibu Nelci, seorang nasabah di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:Pertamina Plaju Gagas Kompetisi Inovatif untuk Dorong Pertumbuhan Berkelanjutan UMKM

BACA JUGA:Memperdaya Umat, 4 Kontainer UMKM Diserahkan

Sebelumnya hanya menjual secara offline, berkat pendampingan dari program Bestee, Ibu Nelci berhasil memasarkan produk kain tenunnya secara lebih luas melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Dampaknya, pendapatannya meningkat secara signifikan, mencapai Rp40 juta pada Desember 2023, melampaui omzet sebelumnya yang hanya sekitar Rp1 juta-Rp2 juta per bulan.

Tidak hanya memberikan pendampingan, BTPN Syariah juga berupaya memperkuat kapasitas masyarakat inklusi dengan memberikan akses pengetahuan dan pelatihan yang konsisten.

BACA JUGA:Deretan UMKM Baru Gabung Grab dan OVO Setahun, Ciptakan 1 Juta Lowongan Kerja Baru

BACA JUGA:Festival Makanan Lorong Roda, Gairahkan Bisnis UMKM Daerah

Program seperti Bestee melibatkan ribuan fasilitator, sebagian besar adalah mahasiswa dari program Kampus Merdeka.

Mereka didorong untuk mendampingi dan memberikan pelatihan sesuai kebutuhan masing-masing nasabah, dengan tujuan meningkatkan keterampilan dalam mengelola usaha.

Dari sisi finansial, kinerja BTPN Syariah pada kuartal I 2024 mencatat laba bersih sebesar Rp264 miliar dengan penyaluran pembiayaan sebesar Rp10,9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: