Tol Listrik Sumatera Siap Beroperasi: PLN Fokus pada Kelistrikan Andal dan Layanan yang Responsif

 Tol Listrik Sumatera Siap Beroperasi: PLN Fokus pada Kelistrikan Andal dan Layanan yang Responsif

--

BISNIS, PALPOS.ID-PT PLN (Persero) telah mencapai tonggak sejarah dengan menyelesaikan rangkaian pembangunan jaringan Tol Listrik di Sumatera.

Langkah ini tidak hanya memperkuat pasokan listrik, tetapi juga meningkatkan keandalan sistem kelistrikan, yang menjadi pilar utama dalam menopang perekonomian di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung.

Dalam upaya menjalankan visinya sebagai Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan menjadi #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi, PLN telah berfokus pada pembangunan infrastruktur yang memadai.

BACA JUGA:Infrastruktur Kendaraan Listrik Diperkuat: PLN Tambah 98 Unit SPKLU untuk Masa Mudik

BACA JUGA:Persiapan PLN untuk Momen Mudik: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Siap Sambut Pemudik

Pencapaian ini tidak terlepas dari upaya PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS), yang berhasil melakukan pemberian tegangan pertama pada 3 Proyek Strategis Nasional.

Pemberian tegangan ini menjadi penanda penting dalam memperkuat sistem pasokan ketenagalistrikan Sumatera dan mendukung pelayanan ketenagalistrikan di wilayah tersebut.

Proyek-proyek tersebut meliputi Dua Diameter GITET 275 kV Muara Enim arah Gumawang, SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang, dan GITET 275 kV Gumawang 3 x 250 MVA.

BACA JUGA: Menteri ESDM: PLN Siap Hadapi Tantangan Kelistrikan Selama Momen Berharga

BACA JUGA: Apresiasi Pemudik: PLN Berhasil Memfasilitasi Ribuan Pemudik dengan Mudik Bersama BUMN

Wahidin, General Manager PLN UIP SBS, menyatakan komitmen PLN untuk terus meningkatkan keandalan sistem kelistrikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat Sumatera Selatan dan Lampung melalui pengoperasian proyek-proyek tersebut.

Salah satu proyek yang mencuat adalah Pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang, yang terdiri atas 325 tower yang terhubung secara sistem ke Tol Listrik 275 kV Sumatera.

Proyek ini beroperasi sebagai jalur backbone yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, melintasi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU, dan Kabupaten OKU Timur, dengan panjang mencapai 117,1 kilometer. SUTET ini bertujuan untuk mengevakuasi daya dari PLTU Sumsel 8 berkapasitas 2 x 660 MW.

BACA JUGA: PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Selama Libur Idul Fitri: Inspeksi Langsung ke PLTU Paiton

BACA JUGA: Direktur PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se- Indonesia

Wahidin menambahkan bahwa SUTET ini merupakan bagian integral dari infrastruktur Tol Listrik di Sumatera yang bertujuan untuk menopang sub-sistem Sumbagsel, yang saat ini memiliki beban puncak mencapai 2.512 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: