Petugas Imigrasi Kemenkumham Sumsel Kawal Keberangkatan Jemaah Haji

Petugas Imigrasi Kemenkumham Sumsel Kawal Keberangkatan Jemaah Haji

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Manusia (Kanwilkumham) Sumatera Selatan telah melaksanakan proses keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji dengan sukses.

Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan besar-besaran untuk memfasilitasi perjalanan ibadah haji bagi masyarakat Sumatera Selatan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, menyampaikan bahwa keberangkatan jamaah calon haji tahun 1445 H / 2024 M dari Kloter 1 Embarkasi Sumatera Selatan telah dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei 2024, dini hari.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Kenalkan Profesi Penerjemah Tersumpah ke Masyarakat

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Terima Hibah Tanah dan Bangunan Untuk UKK Imigrasi Lubuklinggau

Menurut keterangan resmi dari Dr. Ilham Djaya, kloter pertama yang berasal dari Embarkasi Palembang ini terdiri dari 450 orang.

Dalam angka tersebut, terdapat 241 jamaah haji laki-laki dan 209 jamaah haji wanita.

Persiapan dan proses pelayanan keimigrasian dilakukan dengan cermat dan efisien di Asrama Haji Kota Palembang sebelum jamaah diberangkatkan menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang.

BACA JUGA: Lapas Sekayu Kemenkumham Sumsel Bina Fisik dan Mental CPNS Baru

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Tinjau Pembangunan Lapas Pagaralam yang baru

Proses keimigrasian mencakup penerimaan dan pemeriksaan paspor dari Kementerian Agama sebanyak 450 paspor.

Dilanjutkan dengan pemberian cap keberangkatan paspor serta pemeriksaan paspor dan entry data perlintasan jamaah haji melalui sistem BCM, yang dilaksanakan dengan cepat dan teliti oleh petugas imigrasi.

Lebih lanjut, Dr. Ilham Djaya menegaskan bahwa proses pelayanan kepada jamaah calon haji tidak berbeda jauh dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) keimigrasian yang umumnya diterapkan.

BACA JUGA:Kunjungi Lapas Lubuklinggau, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Tinjau Pembangunan Gedung dan SAE

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Sosialisasikan Perseroan Perorangan ke Pelaku Usaha Lubuklinggau

Namun, dalam konteks ibadah haji, pihaknya berupaya memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan, memperhatikan kekhususan dan kepentingan ibadah tersebut.

Salah satu tahapan penting dalam proses keberangkatan adalah pemeriksaan barang bawaan jamaah haji. Hal ini dilakukan oleh petugas Angkasa Pura menggunakan teknologi X-ray.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: