Kades/Lurah di Sumsel Raih 15 Penghargaan di Malam Anugerah Paralengal Justice Award Tahun 2024

 Kades/Lurah di Sumsel Raih 15 Penghargaan di Malam Anugerah Paralengal Justice Award Tahun 2024

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Malam yang penuh semangat dan inspiratif menyertai Acara Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024 di Hotel Bidakara Jakarta.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati, yang mewakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, telah menjadi panggung penghargaan bagi para kepala desa dan lurah yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmen dalam menyelesaikan konflik hukum di tingkat lokal.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ambil Peran dalam Rakernis Ditjen Kekayaan Intelektual

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Kirim 12 Lurah/Kades Terbaik pada Paralegal Justice Award 2024

Dalam konteksnya, Penghargaan Non Litigation Peacemaker menjadi sorotan utama acara ini, mengakui peran penting kepala desa dan lurah sebagai mediator dalam menyelesaikan sengketa tanpa harus melibatkan proses peradilan formal.

Dalam pidatonya, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, menegaskan bahwa upaya para "Hakim Perdamaian" di tingkat desa/lurah telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga kedamaian, ketertiban, dan keadilan di masyarakat.

BACA JUGA: Semangat Persatuan, Jajaran Kemenkumham Sumsel Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dorong Songket Palembang sebagai Indikasi Geografis

"Sangat penting untuk mengakui peran penting para kepala desa dan lurah sebagai 'Hakim Perdamaian', yang telah membawa dampak positif dalam memperkuat fondasi keadilan di tingkat lokal," ujar Prof. Widodo.

Dalam upacara yang diadakan sebelumnya di BPSDM Kemenkumham RI untuk memperingati hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2024, para peserta dari seluruh Indonesia, termasuk para kadiv Yankumham dan kabid hukum, berkumpul untuk mengawali rangkaian acara tersebut.

Kesatuan semangat dalam memperingati nilai-nilai Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara turut memberikan ruang bagi penghargaan atas peran penting kepala desa dan lurah dalam membentuk masyarakat yang sadar akan hukum.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Berikan Pembinaan Pemanfaatan BMN dan Penggunaan Rumah Negara Kepada Satuan Kerja

BACA JUGA: Kembali Raih Digital Government Award. Kemenkumham jadi Kementerian Terbaik dalam Penerapan SPBE

Pada Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024, lebih dari 300 peserta dari berbagai provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan, termasuk 180 kepala desa dan 120 lurah, hadir untuk menerima penghargaan mereka.

Dari jumlah tersebut, 50 individu diberikan Paralegal Justice Award 2024, sementara 292 lainnya dianugerahi sebagai Non Litigation Peacemaker.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati, dalam keterangannya, menyoroti prestasi luar biasa 12 kepala desa/lurah dari Provinsi Sumatera Selatan yang menerima Penghargaan Non Litigation Peacemaker atas kontribusi mereka dalam menegakkan kedamaian dan keadilan di wilayah mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: