Kemarau Kembali Tiba, Karhutla Ancam Lahan Tidur di Ogan Ilir

Kemarau Kembali Tiba, Karhutla Ancam Lahan Tidur di Ogan Ilir

Anggota BPBD Ogan Ilir Padamkan Api--Foto: Istimewa

OGANILIR,PALPOS.ID - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali menjadi momok menakutkan yang mengancam sejumlah lahan tidur di Ogan Ilir. 

Sepekan terakhir setidaknya telah terjadi dua kejadian. Sebelumnya kebakaran lahan terjadi di dekat ruas Tol Palembang-Indralaya (Palindra). Beruntung api apat segera di padamkan oleh para petugas.

Kebakaran selanjutnya melanda wilayah Desa Seribanding, Kecamatan Pemulutan Barat, dekat Kilometer 15A ruas Tol Palindra.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir, Edi Rahmat, membenarkan adanya kebakaran tersebut. 

"Terpantau api menyala kembali di lokasi (kebakaran lahan) semalam," kata Edi Rahmat kepada Wartawan pada Minggu, 23 Juni 2024.

BACA JUGA:Enam Lokal Ponpes Muhammadiah di Ogan Ilir Terbakar, Sumber Api Ternyata Dari Sini

BACA JUGA:Polres Lubuklinggau Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor untuk Persiapan Operasi Ketupat Musi 2024

Saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran dan luas lahan yang terbakar. Namun, Edi menyebutkan bahwa tim dari BPBD dan Manggala Agni sedang berupaya memadamkan api. 

"Tim dari BPBD dan Manggala Agni kini sedang berupaya memadamkan api," ujarnya.

Dari dokumentasi yang dibagikan Edi, tampak asap akibat kebakaran menyelimuti ruas Tol Palindra. Kondisi ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran akan terganggunya perjalanan di tol tersebut.

Oleh karena itu, selain upaya pemadaman, Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) berusaha keras menyekat api agar tidak meluas ke lahan di dekat jalan tol.

"Jika api meluas, dikhawatirkan mengganggu perjalanan di tol. Tim kami masih berjibaku di lapangan," tegas Edi. 

Ia juga menambahkan bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian. "Kurang lebih 1 hektar yang terbakar semalam. Butuh waktu dua jam untuk memadamkan api," kata Edi.

BACA JUGA:Buaya Muara Sepanjang 4 Meter Masuk ke Dalam Tambak, Kejutkan Petani Udang di OKI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: