Pastikan Kualitas Layanan Bantuan Hukum di Lapas, Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev

Pastikan Kualitas Layanan Bantuan Hukum di Lapas, Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev

--

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel serahkan empat sertifikat merek ke FH Unsri

Pendampingan ini bertujuan untuk membantu penerima bantuan hukum dalam menghadapi proses hukum dengan memberikan dukungan yang profesional dan komprehensif.

Monev dilakukan dengan menggunakan metode wawancara langsung dan kuesioner terhadap 9 orang penerima bantuan hukum yang mewakili keempat OBH yang terlibat dalam kegiatan ini.

Pendekatan ini memungkinkan tim monev untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pengalaman penerima bantuan hukum, serta mengevaluasi sejauh mana proses pendampingan hukum telah memenuhi harapan dan kebutuhan mereka.

BACA JUGA: Sekda Provinsi Sumsel Apresiasi Kanwil Kemenkumham Sumsel Sukses Gelar Mobile Intelektual Property Clinic

BACA JUGA: Puluhan UMKM Ramaikan Acara Mobile Intellectual Property Clinic Kemenkumham Sumsel

Dari hasil monev yang telah dilakukan, beberapa temuan penting berhasil diidentifikasi.

Salah satunya adalah bahwa sebagian besar penerima bantuan hukum tidak mengenal secara pribadi pengacara atau paralegal yang mendampingi mereka.

Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan komunikasi dan pemahaman antara penerima bantuan hukum dengan para pendamping hukum mereka.

BACA JUGA:Tidak Ada Remisi Idul Adha, Ini Kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Salurkan 115 Hewan Kurban ke Masyarakat

Selain itu, sebagian penerima juga mengungkapkan bahwa mereka kurang mendapat penjelasan yang memadai mengenai sumber dana atau anggaran bantuan hukum yang seharusnya disampaikan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Menyikapi temuan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, menegaskan komitmennya untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap layanan bantuan hukum ini.

Langkah-langkah perbaikan akan terus diupayakan guna memastikan bahwa setiap penerima bantuan hukum mendapatkan layanan yang adil, profesional, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Layanan Kunjungan WBP selama Hari Raya Idul Adha Berjalan Kondusif dan Sesua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: