Dari Lokal ke Global: Keberhasilan UMK Songket Ilham Bahari Berkat Program PUMK Pertamina

 Dari Lokal ke Global: Keberhasilan UMK Songket Ilham Bahari Berkat Program PUMK Pertamina

--

Keberhasilan ini berkat keikutsertaan mereka dalam Pelatihan Ekspor dan Pameran Trade Indonesia, yang melibatkan pembeli dari 146 negara pada tahun 2023.

Dengan dukungan dari Pertamina, UMK Songket Ilham Bahari tidak hanya mampu menembus pasar global tetapi juga meningkatkan kesadaran global terhadap kain wastra Sumatera Selatan, serta melestarikan warisan budaya daerah.

BACA JUGA:Dukung Pelestarian Keanekaragaman Hayati, Pertamina Bersama Dishut Sumsel Menanam 600 Bibit Pohon

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Dukung Penuh Langkah Polda Sumsel yang Kembali Ungkap Penimbunan BBM

Naufal Muhammad, pemilik UMK Songket Ilham Bahari, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina.

Sejak menjadi mitra binaan pada tahun 2019, Naufal menyatakan bahwa dukungan dan pembinaan yang diterima sangat membantu dalam memperluas jangkauan pemasaran produk mereka.

“Melalui program ini, kami berhasil memperluas jangkauan pemasaran kain wastra Sumatera Selatan, baik pasar domestik maupun internasional. Pencapaian ini tidak hanya meningkatkan kesadaran global terhadap keindahan kain wastra Sumatera Selatan, tetapi juga berperan penting dalam melestarikan warisan budaya khas Sumatera Selatan,” ujar Naufal.

BACA JUGA:Dua Pekerja Kebanggan Kilang Pertamina Plaju Raih Award di AKHLAK Festival

BACA JUGA:Mulai 1 Juni 2023, Pertamina Patra Niaga Hadirkan Program MyPertamina Tebar Hadiah

Dalam konteks ini, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menekankan pentingnya pendampingan, pembinaan, dan pelatihan yang terarah bagi mitra binaan.

Nikho menjelaskan bahwa pertumbuhan UMKM melalui fasilitas promosi dan ajang pameran merupakan strategi utama dalam mendukung perkembangan usaha mitra binaan.

“Melalui upaya ini, Pertamina berkontribusi signifikan dalam membangun fondasi ekonomi yang lebih kuat dan berperan sebagai katalisator perekonomian masyarakat dengan mengimplementasikan Tujuan ke-8 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif,” tutup Nikho.

BACA JUGA:Mulai 1 Juni 2023, Pertamina Patra Niaga Hadirkan Program MyPertamina Tebar Hadiah

BACA JUGA:Apresiasi Konsumen dan Mitra, Pertamina Lubricn Bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Gelar Nonton

Dengan peringatan Hari UMKM Nasional, Pertamina tidak hanya merayakan pencapaian UMKM tetapi juga menegaskan komitmennya untuk terus mendukung pengembangan UMKM sebagai bagian dari strategi jangka panjang dalam memajukan ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: